Soal Penilaian Bahan 8 Segiempat Dan Segitiga

Segi empat yakni suatu segi banyak (polygon) yang mempunyai empat sisi dan empat sudut. Segitiga yakni berdiri datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dan mempunyai tiga buah titik sudut. Luas yakni besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi suatu bab permukaan yang dibatasi dengan jelas, biasanya suatu tempat yang dibatasi oleh kurva tertutup.

Persegipanjang yakni segi empat yang mempunyai dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Jika L yakni luas, K yakni keliling, p yakni panjang, dan l yakni lebar sebuah persegi panjang, maka: L = p × l dan K = 2p + 2l.

Persegi yakni persegipanjang yang semua sisinya sama panjang. Jika L yakni luas, K yakni keliling, r yakni sisi sebuah persegi, maka: L = r × r dan K = 4 × r.

Trapesium yakni segi empat yang mempunyai sempurna satu pasang sisi sejajar. Jika L yakni luas, K yakni keliling, b yakni panjang alas, a yakni sisi atas, t yakni tinggi sebuah trapesium, maka: L = a + b/2 ×t dan. K = jumlah seluruh panjang sisinya.

Jajargenjang yakni segiempat yang mempunyai dua pasang sisi sejajar dan sudut-sudut yang berhadapan sama besar. Misalkan L yakni luas, K yakni keliling, a yakni panjang alas, l yakni lebar, dan t yakni tinggi sebuah jajargenjang, maka: L = a x t.

Belahketupat yakni segiempat yang mempunyai dua pasang sisi sejajar dan kedua diagonal bidangnya saling tegak lurus. Sebuah belahketupat dengan panjang sisinya a dan panjang diagonal bidangnya d1 dan d2 maka luas dan kelilingnya berturut-turut adalah: L = 1/2 x d1 + d2 dan K = 4 × a.

Layang-layang yakni segiempat yang mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang dan dua diagonal bidang yang saling tegak lurus. Sebuah layang-layang dengan panjang sisi s1 dan s2, serta panjang diagonalnya masing-masing d1 dan d2, maka luas dan kelilingnya berturut-turut adalah: L = 1/2 x d1 × d2 dan K = 2s1 + 2s2.

Terdapat beberapa jenis segitiga, yaitu: samasisi, segitiga samakaki, segitiga sebarang, segitiga siku-siku, segitiga tumpul, segitiga lancip. Jika L yakni luas, K yakni keliling, t yakni tinggi, a yakni bantalan sebuah segitiga, dan ketiga sisinya yakni p, q,dan r, maka: L = 1/2 (a × t) dan K = p + q + r.

A. Soal Pilihan Ganda
1. Jika suatu persegi mempunyai luas 144 cm², maka panjang sisinya sama dengan ... mm
A.1,2 mmC.120 mm
B.12 mmD.1.200 mm
144 cm persegi = 14.400 mm²
Sisinya = √14.400 mm² = 120 mm

2. Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang. Ia berencana menghias sekeliling kain tersebut dengan renda. Jika ternyata renda yang diharapkan Aisyah paling sedikit 450 cm, salah
satu ukuran kain yang dimiliki Aisyah yakni ...
A.125 × 100C.125 × 175
B.125 × 150D.125 × 200
K= 2(P+l)
450 cm = 2(p+l)
(p+l) = 450/2=225 cm
Perkiraan ukuran kain, ada beberapa kemungkinan,diantaranya
Panjang 125 dan Lebar 100 cm

3. Ukuran diagonal-diagonal suatu layang-layang yang mempunyai luas 640 cm² yakni ....
A.22 × 30C.30 × 36
B.32 × 40D.32 × 46
Luas layang-layang = 1/2 x d₁ x d₂
640 = 1/2 x d₁ x d₂
d₁ x d₂ = 1280
dari sini ukuran d₁ dan d₂ sanggup saja,
40 cm dan 32 cm,
80 cm dan 16 cm,
64 cm dan 20 cm,

4. Perhatikan gambar persegi panjang dan persegi berikut
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Jika luas persegi panjang = 1/ 2 kali luas persegi, lebar persegi panjang tersebut yakni ....
A.4 cmC.4,5 cm
B.4,25 cmD.4,75 cm
Luas persegi panjang = 1/2 kali persegi
Luas persegi = 8,5 x 8,5 =72,25
Apabila 1/2 berarti 72,25 : 0,5 =36,125
Luas persegi panjang = 36,125 : 8,5 = 4,25 cm
Makara lebar persegi panjang yakni 4,25 cm

5. Banyak persegi pada Gambar berikut yakni ….
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.30C.45
B.40D.55
Tentukan banyaknya persegi yang terdiri dari 1 kotak, 4 kotak, 9 kotak, dan 16 kotak. Kemudian jumlahkan. Jadi, banyak persegi pada gambar tersebut yakni 55

6. Perhatikan gambar berikut. Bangun yang mempunyai luas terbesar yakni ....
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.Gambar (a)C.Gambar (c)
B.Gambar (b)D.Gambar (a) dan (c)

7. Perhatikan gambar berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga

Keliling berdiri pada gambar di atas yakni ....
A.40 cmC.20 cm
B.26 cmD.16 cm

8. Luas tempat pada gambar di bawah yakni …..
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.16 cm²C.34 cm²
B.24 cm²D.48 cm²
Jawaban C.

9. Perhatikan gambar persegi ABCD dan persegi KLMN.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Jika B yakni titik sentra simetri putar persegi KLMN, maka luas tempat yang diarsir yakni ...
A.16 cm²C.32 cm²
B.25 cm²D.32 cm²

10. Perhatikan gambar berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Jika luas tempat yang diarsir20 cm², luas tempat yang tidak diarsir yakni ....
A.40 cm²C.140 cm²
B.120 cm²D.160 cm²
L persegi = s² = 10² = 100 cm²
L persegi panjang = p x l = 12 x 5 = 60 cm²
→ Luas tempat tidak diarsir = (luas persegi + persegi panjang) - luas arsir
→ L total = (160 - 20) cm²
→ L = 140 cm²

11. Nilai panjang FB dari jajargenjang berikut yakni …
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.5,4 cmC.8 cm
B.7,2 cmD.9 cm

12. Perhatikan gambar berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Luas jajargenjang ABCD pada gambar di atas yakni ...
A.120 cm²C.80 cm²
B.96 cm²D.40 cm²

13. Berdasarkan gambar berikut, nilai x yakni ....
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.70°C.80°
B.67°D.100°

14. Perhatikan gambar belahketupat ABCD.salah
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
∠A : ∠B = 1 : 2. Besar ∠C yakni ......
A.60°C.120°
B.90°D.150°
C = 60°

15. Perhatikan gambar di samping
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Panjang AC adalah......
A.3 cmC.9 cm
B.6 cmD.10 cm

16. Perhatikan lukisan berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Urutan cara melukis garis bagi pada gambar ΔKLM yang benar yakni ....
A.4, 1, 2, 3C.3, 1, 4, 2
B.l, 3, 2, 4D.3, 2, 1, 4
Garis bagi yakni garis yang ditarik dari suatu titik sudut yang membagi sudut tersebut menjadi dua bab yang sama. Pada gambar di atas, garis bagi ditarik dari titik sudut M. Cara melukis garis bagi tersebut yakni sebagai berikut.
Cara melukis garis bagi
  • Lukislah busur bulat yang berpusat di titik M sampai memotong sisi KM dan KL (busur 3). Tandai kedua titik potong tersebut masing-masing dengan titik P dan Q.
  • Dari titik P dan Q, lukislah busur bulat sampai berpotongan di dalam segitiga (busur 1 dan 2). Tandai titik potong tersebut dengan titik R.
  • Tarik garis dari titik M ke titik R sampai mengenai sisi KL (garis 4). Garis inilah yang disebut garis bagi.

Jadi, urutan cara melukis garis bagi pada segitiga tersebut yakni 3, 1, 2, 4 atau 3, 2, 1, 4 (D).

17. Gambar di bawah ini,
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
ΔABE, ΔBCF, ΔCDG, dan ΔADH mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Luas persegi ABCD sama dengan jumlah luas tempat yang diarsir. Jika luas ABCD = 2M, maka luas
EFGH yakni ....
A.2 mC.6 m
B.4 mD.8 m

18. Jika luas satu persegi kecil yakni 4 m², maka luas berdiri datar pada gambar di bawah yakni ...
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
A.36 cm²C.144 cm²
B.96 cm²D.162 cm²
Gambar yang orisinil di geser ke kiri setengah kotak, lalu buatlah garis bantu yang berwarna merah. Sehingga terbentuk 4 segitiga, selanjutnya geserlah 2 segitiga bab atas kebagian bawah menyerupai pada gambar di atas. Jadi, maka luas berdiri datar pada gambar tersebut yakni 144 m²


19. Perhatikan gambar berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Luas yang di arsir yakni ....
A.24 cm²C.78 cm²
B.44 cm²D.72 cm²

20. Suatu kardus polos dari kertas berbentuk kubus. Volume kardus yakni 64.000 cm³. Fitri memotong sempurna pada rusuk kubus dan mengambil dua sisi bab samping kardus tersebut. Fitri menciptakan garis pada satu potong sisi kardus dan diperolah satu segitiga siku-siku yang perbandingan dua sisi siku-siku yakni 1 : 2. Pada satu potongan sisi kardus yang lain dilukis satu segitiga sama kaki (lihat gambar). Jika ternyata dua segitiga ini sama luasnya, maka panjang sisi yang sama pada segitiga sama kaki yakni .... cm
A.10C.20
B.10 √2D.20 √2
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Gunakan rumus pythagoras untuk mencari panjang s Jadi, panjang sisi yang sama pada segitiga sama kaki yakni 20√ 2cm

A. Soal Uraian
1. Misalkan suatu persegi diletakkan berimpit di kanan persegi yang lainnya. Tentukan keliling persegi yang terdiri dari:
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
a. 1 persegi. 4s
b. Gabungan 2 persegi. 6s
c. Gabungan 3 persegi. 8 s
d. Gabungan n persegi. (2n + 2)s

e. Berikan alasan yang dipakai untuk menggeneralisasi soal butir d.
Dengan memperhatikan contoh mulai keliling 1 persegi, 2 persegi, 3 persegi, dan seterusnya. Membentuk contoh bilangan genap yang dimulai dari bilangan 4, sehingga didapat untuk sebanyak n persegi = (2n + 2)s

2. Misalkan a merupakan bantalan jajar genjang PQRS dengan t merupakan tingginya. Jika 2t = 3a, tentukan:
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
a. panjang t dalam a. 2t = 3a. t = (3/2)a
b. panjang bantalan dan tingginya jikalau luas jajar genjang tersebut 864 cm².
L = a x t
864 = a x (3/2)a
864 = (3/2) a²
a² = 864 x 2/3
a² = 576
a = 24 Cm
t = (3/2)t
t = (3/2) x 24
t = 36

3. Diketahui keliling ΔKLM yakni 40 cm.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
a. Berbentuk apakah ΔKLM ? Segitiga sama kaki
b. Tentukan panjang sisi ΔKLM !
KL = LM = 2x - 5 , KM = x
keliling = KL + LM + KM
=> (2x - 5) + (2x - 5) + x = 40
=> 5x - 10 = 40
=> 5x = 50
=> x = 10

KL = LM = 2x -5 = 2.10 - 5 = 15
KM = 10

4. Keliling segi-4 PQRS pada gambar di bawah yakni 22 cm.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
a. Tentukan panjang PQ, SR, PS dan RQ! PQ, SR, PS dan RQ = 5,5 cm
b. Bagaimanakah caramu menghitung luas PQRS?
c. Berapakah luas PQRS? L=5,5 x 5,5 = 30,25 cm²

5. Diketahui bangun-bangun menyerupai berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
a. Tentukan luas dari tiap-tiap berdiri di atas.(a) 32 satuan, (b)24 satuan, dan (c) 20 satuan
b. Bangun manakah yang mempunyai luas terbesar? Bangun (a)

6. Perhatikan gambar berikut.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
ABCD persegi dengan panjang sisi-sisinya yakni 2 cm. E yakni titik tengah CD dan F yakni titik tengah AD. Luas tempat EDFGH adalah... cm².
Gunakan Teorema Pythagoras untuk memilih panjang AC. Perhatikan AP, PC, DP, dan PB. Kemudian perhatikan persegi kecil yang berada didalam persegi ABCD! Yaitu Terdiri dari 9 persegi kecil, sehingga garis AD membagi menjadi 3 bab yang sama besar, begitu juga panjang diagonal-diagonalnya membagi menjadi 3 bab yang sama besar,
Dapatkan Luas tempat EDFGH = Luas persegi ABCD – 2Luas BCE – Luas ΔBHG.
Jadi, Luas tempat EDFGH = 4/3 cm²

7. Perhatikan gambar di bawah.
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Terdapat 4 buah layang-layang kongruen yang termuat pada persegi dan ternyata masih tersisa tempat persegi yang diarsir. Jika panjang p = 3√ 2 cm, dan q = 5 √2 cm, maka luas tempat yang diarsir yakni …. cm²

Carilah panjang p + q, luas persegi besar, luas segitiga ABC Dapatkan, Luas tempat yang diarsir = Luas persegi – 8 Luas segitiga ABC Jadi, luas tempat yang diarsir yakni 8 cm²

8. Diketahui luas persegi ABCD yakni 25 m2. Jika E, F, dan G masing-masing yakni titik tengah AB, AD, dan CD menyerupai pada gambar berikut, maka luas trapesium BHFE yakni .... m²
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
9. PATIO/ Ember terbuka di belakang rumah
Nick ingin menciptakan patio terbuka di belakang rumah barunya. Panjang Patio yakni 5, 25 meter dan lebarnya 3 meter. Ia memerlukan 81 buah kerikil bata per m².
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Hitunglah berapa banyak kerikil bata yang diharapkan Nick untuk menciptakan pationya itu!
5,5 x 3 x 81 = 1.336,5

10. Perhatikan gambar sebuah jajargenjang berikut
 yang mempunyai empat sisi dan empat sudut Soal Evaluasi Materi 8 Segiempat dan Segitiga
Pada kotak jawaban, buatlah minimal 4 segiempat lain yang berbeda dan mempunyai luas yang sama dengan luas jajargenjang yang ditunjukkan pada gambar di atas. (Catatan: Dua segiempat atau lebih disebut sama jikalau segiempat yang satu merupakan hasil pencerminan atau perputaran berdiri yang lain)

Pada gambar tersebut ditunjukkan beberapa kemungkinan segiempat yang mempunyai luas yang sama dengan luas jajargenjang pada soal, yaitu 4 satuan luas.

Tidak ada komentar untuk "Soal Penilaian Bahan 8 Segiempat Dan Segitiga"