Rantai Kuliner Dan Jaring-Jaring Makanan

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bab dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapat energi dari matahari. Hewan mendapat energi dari flora atau binatang lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun bisa membuat
masakan sendiri. Makhluk hidup yang sanggup menciptakan masakan sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak sanggup menciptakan masakan sendiri. Mereka mendapat energi dari masakan yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan masakan tanpa bisa menciptakan sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan binatang sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik flora maupun hewan, yang dinamakan omnivor.

Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai makanan. Rantai masakan yaitu kekerabatan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu kemudian menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa yaitu semua binatang yang diburu untuk dimakan oleh binatang lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator yaitu konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.

Di dalam sebuah ekosistem, terdapat kekerabatan antara beberapa rantai masakan yang terjadi. Satu jenis binatang sanggup terlibat dalam beberapa rantai makanan, demikian juga dengan produsen. Kumpulan dari berberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah binatang yang terlibat makin banyak dan energi yang mengalir juga makin kompleks. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai makanan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring masakan saling memengaruhi satu dengan yang lain.

Ayo Berlatih
Mencari Arti Kosakata Baru
  1. Garis bawahilah beberapa kosakata gres dari bacaan di atas.
  2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
  3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.
No.Kosa Kata Baru Arti
1EkosistemKeadaan khusus daerah komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi
2EnergiDaya (kekuatan) yang sanggup dipakai untuk melaksanakan banyak sekali proses kegiatan, contohnya sanggup merupakan bab suatu materi atau tidak terikat pada materi (seperti sinar matahari); tenaga;
3ProdusenPenghasil materi makanan
4KonsumenPemakai barang hasil produksi 
5HerbivorHewan pemakan tumbuh-tumbuhan
6PredatorBinatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; binatang pemangsa binatang lain
7KompleksMengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan
8KomponenBagian dari keseluruhan; unsur:
9MangsaBinatang yang menjadi masakan binatang buas
10KarnivorHewan pemakan daging (seperti anjing, kucing)
11OmnivorHewan pemakan binatang lain dan tumbuhan

Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk menciptakan cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah info penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kau buat sebelumnya.
Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bab dari kehidupan di dalam Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Jaring-jaring masakan yaitu adonan dari beberapa rantai masakan yang siklusnya saling berhubungan. Oleh alasannya yaitu itu, bisa disimpulkan bahwa rantai masakan yaitu bab dari jaring-jaring masakan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Pada jaring-jaring masakan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring masakan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang sanggup dipilih menjadi makanannya. Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya mempunyai satu pilihan masakan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Tidak ada komentar untuk "Rantai Kuliner Dan Jaring-Jaring Makanan"