Interaksi Insan Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Sosial Budaya

Indonesia terdiri dari aneka macam duku. Indonesia dikenal dengan bangsa yang majemuk, dimana semua suku, ras, agama dan budaya ada di Indoensia. Semua bersatu dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika", perbedaan bukan menjadi penghalang tersatukannya sisi kemanusiaa dan itulah Indonesia. Negeri yang kaya raya akan sumber daya alam dan sumber daya insan dari sabang sampai merauke. Persatuan ditengah perbedaan menjadi ciri khas bangsa Indonesia semenjak dahulu.

Dengan keberagaman, insan sanggup saling bekerja sama dan pundak membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu pola hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Masih ingatkah kau dengan gambar acara pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang mempunyai perbedaan menyerupai perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan sanggup saling membantu dan bekerja sama?
  1. Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama sebab tidak semua kebutuhan insan sanggup dipenuhi oleh diri sendiri.
  2. Semua orang sanggup saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, budpekerti istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.
  3. Manusia intinya adalan makhluk sosial yang selai membutuhkan insan lain.
  4. Bangsa Indonsia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Media CetakMedia Elektronik
Semua orang sanggup saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, budpekerti istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama. Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama sebab tidak semua kebutuhan insan sanggup dipenuhi oleh diri sendiri.
Manusia intinya adalan makhluk sosial yang membutuhkan insan lain. Bangsa Indonsia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ayo Mengamati
 Indonesia dikenal dengan bangsa yang beragam Interaksi Manusia dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Sosial Budaya
Apa yang kau lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!
Indonesia yaitu negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Dengan ribuan pulau yang dimilikinya, Indonesia mempunyai keragaman budaya dan budpekerti istiadat yang mewarnai kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, kita sebagai anak bangsa seharusnya bisa saling menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dan menggunakannya sebagai modal pembangunan.

Ayo Membaca
Bangsa Indonesia mempunyai sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, budpekerti istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akibatnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

  1. Apakah yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu! Perbedaan yang ada di sekitar kita merupakan kekuatan yang tidak dimiliki oleh banga lain. Dengan keragaman yang dimilikinya, insan saling bekerja sama dan bergotong-royong untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik secara ekonomi, sosial, dan budaya.
  2. Berikan contoh-contoh kegiatan yang sanggup kita lakukan atau mungkin sudah kau lakukan untuk mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah! Saling membantu ketika ada kesulitan, membersihkan ruang kelas dan lingkungan sekolah, dan berguru kelompok

Tidak ada komentar untuk "Interaksi Insan Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Sosial Budaya"