Peta Pikiran Perihal Gangguan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan masakan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk garang sanggup bermetamorfosis bentuk yang lebih halus dengan pemberian gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan sanggup mempermudah proses perembesan sari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa masakan yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut sanggup menjadi racun bagi badan insan kalau tidak dikeluarkan.

Sistem pencernaan pada insan sanggup mengalami gangguan. Adapun gangguan sistem pencernaan insan disebabkan oleh aneka macam faktor. Faktor penyebab gangguan pada sistem pencernaan insan contohnya mengkonsumsi masakan yang tidak sehat, contoh makan yang tidak teratur.

Melalui sistem pencernaan, badan akan mendapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan akan masuk, dicerna, dan diserap di dalam sistem pencernaan. Jika sistem peencernaan terganggu tentu proses pencernaan akan terganggu, begitu pula dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh.

Kelainan sistem pencernaan ini sanggup disebabkan oleh malnutrisi atau bisul patogen yang masuk bersama masakan atau merusak kualitas masakan atau sanggup pula kerusakan organ yang disebabkan oleh kerusakan jaringan.

Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah peta pikiran mengenai aneka macam macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus sanggup meliputi beberapa hal berikut.
  1. Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan.
  2. Penyebab gangguan tersebut.
  3. Gejala dari gangguan tersebut.
  4. Cara mengatasi gangguan tersebut.

1. Mag
Nama GanguanKeterangan
Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan masakan yang masuk ke d Peta Pikiran ihwal Gangguan Sistem Pencernaan
MagPenjelasanMag merupakan gangguan akhir peradangan pada lambung
PenyebabLuka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat bisul basil Helicobacter pylori.
GejalaGejala berupa nyeri perut potongan atas, mual, dan muntah.
Cara MengataiPenanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida sanggup membantu.

2. Diare
Nama GanguanKeterangan
Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan masakan yang masuk ke d Peta Pikiran ihwal Gangguan Sistem Pencernaan
DiarePenjelasanDiare merupakan penyakit kanal pencernaan yang disebabkan oleh bisul bakteri, parasit, maupun virus. 
PenyebabInfeksi virus pada usus besar dan alergi makanan.
GejalaGejala berupa diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah.
Cara MengataiBiasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan ialah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi..

3. Konstipasi
Nama GanguanKeterangan
Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan masakan yang masuk ke d Peta Pikiran ihwal Gangguan Sistem Pencernaan
KonstipasiPenjelasanKonstipasi atau “sembelit” ialah tanda-tanda fases mengeras sehingga susah dikeluarkan.
PenyebabSembelit disebabkan oleh adanya perembesan air pada sisa masakan yang berlebihan.
GejalaHarus mengejan ketika buang air besar., Proses buang air besar terasa tidak tuntas., Tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal.
Cara MengataiBanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air sanggup mencegah gangguan ini.

Tidak ada komentar untuk "Peta Pikiran Perihal Gangguan Sistem Pencernaan"