Pamflet Ihwal Korelasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Semua makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan binatang juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya. Di sekeliling kita, dijumpai banyak bentuk saling kebergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan, juga dengan komponen tak hidup lain.

Di dunia, terdapat banyak sekali jenis ekosistem, baik ekosistem air maupun ekosistem darat. Di dalam ekosistem, terjadi interaksi atau kekerabatan yang saling membutuhkan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen tak hidup.

Pada rantai kuliner terjadi proses memakan dan dimakan oleh banyak sekali makhluk hidup yang ada pada sebuah ekosistem. Terlihat tumbuhan hijau menghasilkan kuliner yang akan dikonsumsi oleh binatang konsumen tingkat pertama. Lalu, binatang konsumen tingkat pertama dimakan oleh binatang konsumen tingkat kedua. Begitu seterusnya sampai binatang tingkat tertinggi mati dan diuraikan oleh pengurai.

Selain kebergantungan makhluk hidup melalui rantai makanan, banyak makhluk hidup lain yang bekerjasama dengan cara yang khas. Hubungan dua makhluk yang berbeda dan sangat akrab kaitannya disebut simbiosis. Simbiosis ialah kekerabatan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan.

Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. Perhatikan sketsa di berikut ini sebagai klarifikasi terhadap jenis simbiosis tersebut.
Semua makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan ya Pamflet Tentang Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
  1. Kerbau mendapat laba alasannya ialah kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapat makanan.
  2. Tumbuhan anggrek mendapat laba alasannya ialah sanggup menumpang hidup pada pohon, dan selama menumpang tersebut, anggrek tidak merugikan pohon.
  3. Benalu sanggup hidup subur alasannya ialah menghisap zat kuliner dari pohon mangga yang ditumpanginya sehingga pohon mangga lama-lama akan menjadi kurus dan lambat laun sanggup mati.

Ayo Berkreasi
Sekarang, buatlah sebuah pamflet wacana simbiosis. Pastikan klarifikasi mengenai simbiosis dalam pamflet harus sanggup dimengerti oleh pembacanya. Perhatikan petunjuk pengerjaan pamflet berikut.

Kumpulkan semua warta yang kau perlukan untuk pamfletmu:
  1. Definisi dari tiap-tiap jenis simbiosis.
  2. Cari referensi dari tiap-tiap jenis simbiosis dan penjelasannya
  3. Gambar dari referensi tiap-tiap jenis simbiosis
  4. Perhatikan salah satu pamflet berikut.
Semua makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan ya Pamflet Tentang Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Pamflet ialah goresan pena yang sanggup disertai dengan gambar atau tidak yang dicantumkan pada selembar kertas di satu permukaan atau pada kedua permukaan. Jika dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, akan terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).

Berikut ini salah satu pamflet mengenai kekerabatan makhluk hidup dalam ekosistem.
Semua makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan ya Pamflet Tentang Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Di dalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan komplemen untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan. Pamflet pendidikan berisi wacana informasi-informasi yang bekerjasama dengan dunia pendidikan menyerupai misalnya program seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya. Pamflet merupakan sebuah goresan pena yang berisi wacana suatu warta yang terdiri dari goresan pena termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibentuk pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

Tidak ada komentar untuk "Pamflet Ihwal Korelasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"