Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Elektronik

Sisingaan merupakan salah satu kesenian pertunjukan tari yang berasal dari Kota Subang, Jawa Barat. Kesenian ini memakai tandu sebagai sarana pertunjukannya. Lahirnya kesenian sisingaan ini bermula pada masa kolonial penjajahan, dimana ketika itu tempat Subang dijajah oleh  Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam sanggup ikut dalam iringiringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung sampai alhasil iringan kembali ke tempat semula.

Tanpa adanya kerukunan, tentunya kolaborasi yang baik tidak akan sanggup terwujud. Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama!
Sisingaan merupakan salah satu kesenian pertunjukan tari yang berasal dari Kota Subang Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Masih ingatkah kau dengan iklan media cetak?
  1. Saat mengamati pola iklan di depan, apa isi pesan yang sanggup kau temukan dalam kalimat di depan? Hidup rukun mencerminkan budaya bangsa Indonesia.
  2. Apa jenis bahasa yang dipakai dalam iklan tersebut? Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari? Jelaskan! Bahasa yang dipakai pada iklan di atas mnggunakan ragam bahaa resmi.

Jika percakapan sehari-hari mempunyai bahasa yang berbeda dengan iklan media cetak, maka iklan media elektronik juga mempunyai bahasa yang sanggup jadi berbeda dengan iklan media cetak. Brikut ini bebrapa perbedaan bahasa media cetak dan media elektronik.
NoMedia CetakMedia Elektronik
1. Penulisan dibatasi oleh kolom dan halaman Penulisan dibatasi oleh detik, menit dan jam
2. Bahasa yang dipakai (cenderung) formal Bahasa yang dipakai formal dan nonformal (bahasa tutur)
3. Kalimat sanggup panjang dan terperinci Kalimat singkat, padat, sederhana dan jelas
4. Bahasa sanggup ditangkap indera penglihatan saja Bahasa sanggup ditangkap pendengaran dan penglihatan

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan sobat sebangkumu, lakukanlah acara berikut ini!
  1. Tentukan satu iklan media cetak dan satu iklan elektronik yang kau ketahui.
  2. Tuliskan kalimat yang terdapat dalam iklan media cetak dan iklan elektronik tersebut.
  3. Diskusikan perbedaan dan persamaan kedua bahasa iklan itu.
  4. Identifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebagai hasil kesimpulan diskusi.
  5. Tampilkan hasil diskusi tersebut di depan kelas secara bergantian.
  6. Dengarkanlah hasil diskusi pasangan lain secara saksama.
Media CetakMedia Elektronik
Sisingaan merupakan salah satu kesenian pertunjukan tari yang berasal dari Kota Subang Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Sisingaan merupakan salah satu kesenian pertunjukan tari yang berasal dari Kota Subang Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Iklan Snsodyne
Kalimat Iklan
Rangkaian perawatan gigi sensitif dari ahlinya.
Iklan Sunsilk Soft Smooth Conditioner
Kalimat Iklan :
Rambut Ga Kusut, Ga Lepek

Tulislah sebuah kesimpulan singkat dari acara yang gres saja kau lakukan. Bacakan kesimpulanmu kepada sobat sebangkumu. Berikan kesempatan kepada temanmu untuk menawarkan masukan dan saran atas kesimpulan yang kau buat.
Kesimpulan : Bahasa yang dipakai pada iklan media cetak memakai bahasa resmi, sedangkan pada iklan media elektronik cenderung ke bahasa tidak resmi.

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Elektronik"