Pengaruh Acara Insan Terhadap Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Apabila terjadi gangguan pada kedua komponen tersebut,
keseimbangan lingkungan akan terganggu. Sejauh ini, diketahui terdapat dua jenis faktor yang menimbulkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami yang menimbulkan perubahan keseimbangan lingkungan ialah kejadian alam. Peristiwa alam ada yang menimbulkan bencana, disebut tragedi alam. Bencana alam menyerupai letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami sanggup menimbulkan terputusnya rantai makanan. Bencana alam tersebut terjadi secara alami dan tidak disebabkan oleh acara manusia.

Faktor lain penyebab perubahan keseimbangan ekosistem ialah faktor insan yang melaksanakan banyak sekali acara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa acara insan yang secara pribadi memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan tersebut antara lain acara penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, perburuan binatang hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan binatang langka dan dilindungi. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, acara pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa acara lainnya yang mencemari lingkungan.

Penebangan pohon-pohon di hutan terang akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya banyak sekali jenis organisme hutan yang mempunyai kiprah untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem. Demikian halnya dengan perburuan binatang hutan secara sembarangan serta penangkapan banyak sekali satwa langka dan dilindungi. Tindakan-tindakan ini berakibat pada terganggunya rantai masakan dan jaring-jaring makanan, serta punahnya beberapa jenis satwa. Kegiatan pertanian intensif yang menginginkan hasil panen dalam jumlah besar pada waktu yang singkat menimbulkan terjadinya pemakaian pupuk buatan secara berlebihan. Pada ketika yang sama, pengendalian hama pun dilakukan dengan memakai zat-zat kimia berbahaya. Kedua acara ini akan merusak tanah daerah sumber masakan dan daerah tinggal banyak sekali jenis organisme. Penggunaan insektisida buatan juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan lain insan yang menimbulkan dampak sangat besar ialah kebiasaan membuang sampah dan limbah berbahaya secara sembarangan. Kegiatan ini akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, banyak sekali jenis acara insan sanggup menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menimbulkan terganggunya keseimbangan ekosistem.

Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan info penting pada setiap paragraf.
Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem
Lalu, buatlah kesimpulan bacaan pada daerah yang tersedia.
Kesimpulanku :
Keseimbangan lingkungan sanggup terganggu akhir faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami penyebab perubahan keseimbangan lingkungan ialah musibah menyerupai letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami. Faktor insan yaitu acara penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, perburuan binatang hutan yang tidak terkendali, pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, acara pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan.

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?
Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami dan faktor manusia.
2. Mengapa insan mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem.
Manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem lantaran insan melaksanakan banyak sekali acara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya.
3. Apa saja acara insan yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem?
Kegiatan insan yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem antara lain penebangan dan pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan yang berlebihan, pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

Membuat Buklet
Kamu akan menciptakan sebuah buklet ihwal banyak sekali macam acara insan yang sanggup memengaruhi keseimbangan ekosistem. Lakukanlah beberapa langkah acara berikut.
  1. Berdasarkan peta pikiranmu, pilihlah salah satu acara insan yang memengaruhi ekosistem. Lengkapilah info ihwal acara pilihanmu dengan memakai banyak sekali sumber.
  2. Dengan info yang kau dapatkan, buatlah sebuah buklet. Kegiatan ini merupakan acara perorangan.
  3. Gunakan kertas ukuran A4 atau folio, kemudian lipatlah menjadi tiga belahan yang sama.
  4. Rapikanlah lipatan yang kau buat. Kamu akan mendapat enam belahan halaman pada kertas yang sudah kau tersebut.
  5. Ikutilah petunjuk berikut. a. Bagian pertama ialah sampul buklet. Tuliskan judul yang menarik, dan tuliskan namamu. b. Bagian kedua: jelaskan yang dimaksud dengan acara yang kau pilih. c. Bagian ketiga: buatlah sebuah diagram alur yang menarik ihwal acara pilihanmu. d. Bagian keempat: tunjukkan berupa gambar, tempat-tempat terjadinya acara tersebut. e. Bagian kelima: jelaskan akhir yang ditimbulkan oleh acara tersebut. Gunakan gambar ihwal rantai masakan atau jaring-jaring makanan, untuk mengatakan akhir acara tersebut terhadap komponen ekosistem. f. Bagian keenam: tuliskan sumber-sumber info yang kau gunakan. g. Rapikan dan buatlah bukletmu semenarik mungkin.
Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem
Manusia tinggal di bumi. menjaga bumi ialah kiprah manusia. Bumi mempunyai memiliki keanekaragaman hayati. Keanekaragaman tersebut harus seimbang, sehingga tidak terjadi kerusakan pada bumi. banyak cara yang sanggup dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan ekosistem. Mulai dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, antara lain yang merupakan Kepentingan Menjaga Keseimbangan Alam Sekitar :

Tidak ada komentar untuk "Pengaruh Acara Insan Terhadap Keseimbangan Ekosistem"