Cara Menghargai Acara Perjuangan Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain sanggup dilihat dari aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada aktivitas produksi, orang yang terlibat ialah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar aktivitas produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau honor dari produsen.

Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari aktivitas penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor ialah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen ialah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara eksklusif atau melalui mediator (distributor). Ketiga pelaku aktivitas ekonomi tersebut akan saling berafiliasi membentuk arus diagram ekonomi.

Coba temukan tugas produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!
No.Pelaku EkonomiPeran
1.Produsen
  1. Penghasil barang dan jasa.
  2. Sebagai pengguna jasa-jasa produksi ibarat tenaga kerja, usaha, tanah untuk modal dan tenaga mahir sebagai pemimpin perusahaan
  3. Membayar pajak kepada negara sebagai kompensasi kepada negara.
2.Konsumen
  1. Menyediakan faktor-faktor produksi ibarat uang, tanah, tenaga kerja dan modal.
  2. Konsumen berperan sebagai pemakai barang-barang produksi.
  3. Sebagai penyalur barang dan jasa.
  4. Membayar pajak kepada pemerintah atau negara contohnya saja pajak pertambahan nilai.
3.Distibutor
  1. Membeli barang dan jasa dari produsen atau pedagang yang lebih besar.
  2. Memperkenalkan barang atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen, contohnya dengan reklame atau iklan.
  3. Sebagai penyalur barang dan jasa.

Setiap pelaku aktivitas ekonomi mempunyai tugas masing-masing yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, insan berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, insan akan berafiliasi atau berinteraksi dengan insan lain. Sebagai makhluk
ekonomi, insan akan melaksanakan aktivitas ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, insan hendaknya mempunyai akhlak moral. Dengan akhlak moral, insan sanggup menghargai setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.

Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan materi baku berupa kain dan benang. Kain sanggup diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan flora kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun sampai menjadi kain. Selanjutnya, kain sanggup dibentuk pakaian oleh penjahit.

Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang terlibat dalam proses produksi ini. Ada petani flora kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini hendaknya kita perlu menghargai aktivitas perjuangan ekonomi orang lain.

Meskipun terlihat sederhana, bayangkan jasa penjual flora tersebut. Dia menyediakan bibit-bibit aneka flora yang akan tumbuh menghijaukan dan memperindah lingkungan. Daun-daun hijau tanaman-tanaman itu akan menyediakan banyak oksigen buat kita. Dengan oksigen yang selalu tersedia maka kesehatan kita akan terjaga. Sekarang kau tahu kan, betapa besar jasa penjual bibit flora tersebut?
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain
Menjadi seorang penjual bibit flora merupakan salah satu aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kamu telah memahami aktivitas ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melaksanakan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda, setiap aktivitas perjuangan ekonomi harus kita hargai.

Bagaimana cara kita menghargai aktivitas perjuangan ekonomi orang lain? Cara menghargai aktivitas perjuangan ekonomi antara lain sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan persaingan perjuangan yang sehat dalam aktivitas perekonomian.
  2. Menghormati perjuangan ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
  3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
  4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan menggandakan perilaku kasatmata orang tersebut.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui cara menghargai aktivitas perjuangan ekonomi orang lain. Amati aktivitas perjuangan ekonomi di sekitar kawasan tinggalmu! Bagaimana perilaku pelaku perjuangan ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya? Apakah terjalin perilaku saling menghargai satu sama lain?
Dalam menjalankan aktivitas perjuangan ekonomi, setiap orang harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan penerapan tanggung jawab sanggup terjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga sanggup membuat ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghargai Acara Perjuangan Ekonomi Orang Lain"