Menjelaskan Rantai Makanan Pada Ekosistem

Ekosistem yakni hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya dalam satu kesatuan daerah hidup. Ekosistem tersusun atas satuan makhluk hidup. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan komponen abiotik. Sedangkan rantai masakan yakni perpindahan energi masakan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai masakan merupakan bab dari jaring-jaring makanan,

Salah satu manfaat sarapan yakni memperlihatkan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu masakan protein yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuhmu. Tahukah kau berasal dari manakah telur yang kau makan ketika sarapan? Dari manakah kita mendapat telur ayam? Diskusikan dengan temanmu.

Telur yang kita makan pada ketika sarapan berasal dari binatang ayam. Telur ayam yang kita makan biasanya didapatkan dengan cara membeli di warung atau pedagang telur.

Ayo Berlatih
Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam ketika sarapan, kita mendapat energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapat energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan sahabat sebangkumu.

Ayam mendapat energi dari masakan yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan bergotong-royong merupakan materi masakan yang diperuntukan bagi anak ayam selama masih dalam cangkang telur.
Ekosistem yakni hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya dal Menjelaskan Rantai Makanan Pada Ekosistem
Jelaskan mengenai rantai masakan di atas !
  1. Tumbuhan padi memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis masakan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan padi masakan disimpan dalam bentuk biji.
  2. Konsumen tingkat I merupakan binatang herbivor atau pemakan tumbuhan. Contoh: konsumen tingkat I di ekosistem sawah yakni tikus. Biji padi yang dimakan tikus akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melaksanakan acara dan bereproduksi. 
  3. Konsumen tingkat II merupakan binatang karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Contoh binatang konsumen tingkat II dalam ekosistem sawah yakni ular. Ular memakan tikus untuk mendapat energi yang diharapkan untuk melaksanakan aktivitas. Konsumen tingkat I (tikus) merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II (ular) biar sanggup bertahan hidup. 
  4. Konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah memakan konsumen tingkat II. Contoh binatang konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah yakni burung elang. Burung elang mendapat energi dengan cara memangsa binatang ular.
  5. Pada ketika konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme menyerupai basil dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber masakan bagi tumbuhan, menyerupai tumbuhan padi.
Untuk lebih jelasnya sanggup disimak pada video berikut ini !

Setelah selesai, diskusikan hasil penjelasanmu dengan pasangan lain di kelas. Kemudian, lakukan diskusi kelas bersama teman-teman sekelasmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama.

1. Apa yang dimaksud ajaran energi pada sebuah rantai makanan?
Aliran energi pada sebuah rantai masakan yakni perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dalam bentuk zat masakan dan terjadi ketika mahkluk hidup memakan makhluk hidup lain. 

2. Adakah hubungan antara rantai masakan dengan ajaran energi? Jelaskan!
Semua makhluk hidup memerlukan energi untuk melaksanakan acara hidupnya. Energi tersebut sanggup diperolehnya dari makanan. Proses konsumsi masakan dalam ekosistem merupakan proses transfer atau perpindahan energi. Aliran energi dalam ekosistem sanggup digambarkan dengan rantai masakan dan jaring makanan.

3. Jelaskan tugas produsen penting dalam sebuah rantai makanan
Peran produsen sangat penting pada suatu rantai masakan alasannya produsen sebagai penghasil masakan untuk konsumen tingkat 1. Bila tidak ada produsen tentu saja rantai masakan sanggup terganggu dan konsumen - konsumen tidak sanggup bertahan hidup.

4. Rantai masakan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Jika konsumen puncak tidak ada maka konsumen 1 akan berkurang, alasannya dimangsa oleh konsumen 2 yang bertambah banyak.  Konsumen 2 akan bertambah banyak alasannya mendapat mangsa dari konsumen ke-2 dan tidak dimangsa oleh konsumen puncak.

Sekarang bersama sahabat sebangkumu, buatlah sebuah rantai masakan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.
Ekosistem yakni hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya dal Menjelaskan Rantai Makanan Pada Ekosistem

Rantai masakan juga berperan penting dalam membantu mengatur ekosistem. Predator memang tidak selalu secara pribadi sanggup mengendalikan ukuran populasi mangsa mereka. Namun predator sanggup meningkatkan kesehatannya dengan cara menyingkirkan individu yang berpenyakit atau mengalami gangguan. Dengan ini, jumlah predator dalam rantai masakan tetap sanggup dikendalikan yang akan terus terjadi secara berkelanjutan.

Tidak ada komentar untuk "Menjelaskan Rantai Makanan Pada Ekosistem"