Pokok Pikiran Teks Rantai Makanan

Tuhan Yang Maha Kuasa membuat begitu banyak makhluk hidup di dunia ini dengan fungsi dan keuntungannya masing-masing. Tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang tidak berkhasiat sekalipun itu benda mati.  Apakah mereka memliki manfaat bagi makhluk lain? Tentu saja ada hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Makhluk hidup juga mempunyai hubungan ketergantungan dengan lingkunyannya

Setiap makhluk hidup mempunyai kebergantungan terhadap makhluk hidup lain. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan binatang juga memerlukan manusia. Makhluk hidup juga memerlukan tanah, udara, dan matahari untuk mendukung kehidupannya.

Rantai Makanan
Rantai kuliner yaitu perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut.
Tuhan Yang Maha Kuasa membuat begitu banyak makhluk hidup di dunia ini dengan fungsi d Pokok Pikiran Teks Rantai Makanan
Padi dimakan oleh tikus, lalu tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat diperlukan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.

Di lautan, yang menjadi produsen yaitu fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I yaitu zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II yaitu ikan-ikan kecil, konsumen III yaitu ikan-ikan sedang, dan konsumen IV yaitu ikan-ikan besar.

Urutan insiden memakan dan dimakan di atas sanggup berjalan seimbang dan lancar kalau seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai kuliner sanggup terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Tuhan Yang Maha Kuasa membuat begitu banyak makhluk hidup di dunia ini dengan fungsi d Pokok Pikiran Teks Rantai Makanan
Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai yaitu makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam badan binatang dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai sanggup membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai yaitu basil dan jamur.

Ayo Mencoba
Setiap bacaan, tentunya mempunyai wangsit pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita sanggup dengan gampang mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.
ParagrafPokok Pikiran
1Rantai kuliner di sawah
2Fitoplankton produsen makanan
3Urutan insiden memakan dan dimakan
4Peran pengurai dalam rantai makanan

Tidak ada komentar untuk "Pokok Pikiran Teks Rantai Makanan"