Membuat Poster Cara Memelihara Organ Pernapasan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah penyakit. Selain menjaga kebersihan, masih ada banyak cara mencegah penyakit. Salah satu cara mengatasi ancaman kabut asap yaitu dengan menggunakan masker. Memakai masker perlu dilakukan sebab kabut asap sanggup mengakibatkan penyakit abses susukan pernapasan akut (ISPA).

Memakai masker memang merupakan salah satu cara mengatasi ancaman kabut asap dan merawat organ pernapasan. Selain menggunakan masker ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk merawat organ pernapasan.

Kita berusaha selalu menjaga kesehatan organ pernapasan. Saat sakit kita perlu segera berobat. Namun, kita juga sanggup mencegah penyakit pada sistem pernapasan dengan memelihara organ pernapasan. Berikut cara-cara memelihara organ pernapasan.

1. Menjaga kesehatan organ pernapasan
Organ pernapasan sangat rentan terjangkit penyakit sebab udara keluar masuk secara pribadi dan bebas. Udara yang mengandung basil dan virus berbahaya gampang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah supaya organ pernapasan tetap sehat ada beberapa tindakan yang sanggup dilakukan seprti :
  • Makan makanan bergizi supaya daya tahan badan terjaga baik,
  • Berolahraga teratur supaya alat-alat pernapasan terlatih baik sehingga sanggup bekerja dengan baik,
  • Istirahat cukup, dan
  • Posisi tidur benar (miring ke kanan dan jangan telungkup).

2. Menghindari zat-zat yang sanggup merusak organ pernapasan
Beberapa zat yang ada di sekitar kita sanggup merusak organ pernapasan. Untuk itulah ada beberapa zat yang harus dihindari supaya organ pernapasan tetap shat. Beberapa zat yang prlu dihindari antara lain yaitu :
  • Tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok sebab banyak mengandung racun,
  • Menggunakan masker dikala berada di lingkungan kotor,
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman hambar sebab jaringan paru-paru sensitif terhadap dingin,
  • Menghindari makanan dan minuman mengandung banyak gula dan materi kimia sebab sanggup merangsang lendir pada paru-paru sehingga kapasitas udara yang disimpan dalam paru-paru akan lebih sedikit.

3. Merawat organ pernapasan
Kuman dan penyakit sanggup menyerang susukan pernapasan. Cara yang sanggup kita lakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan pada alat pernapasan antara lain :
  • Membersihkan rongga hidung secara teratur (bulu halus dan rambut hidung berfungsi menyaring kotoran),
  • Memeriksa kesehatan pernapasan secara teratur ke dokter.

4. Menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Lingkungan yang higienis sangat memengaruhi kesehatan pernapasan sebab zat yang terkandung dalam udara yang kita hirup. Agar  udara yang ada di sekitar kita tetap layak hirup, ada beberapa tindakan yang sanggup dilakukan menyerupai :
  • Membuat sebanyak mungkin ventilasi dalam rumah untuk menjaga sirkulasi udara,
  • Menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banyak debu beterbangan yang akan ikut masuk ke dalam organ pernapasan dikala kita menghirup napas,
  • Membuat udara higienis di lingkungan sekitar rumah dengan menanam banyak tumbuhan hijau, serta
  • Mencegah ruangan basah sebab virus dan basil gampang berkembang di ruangan dengan kelembapan tinggi.

Ayo Berkarya
Kamu telah memahami cara merawat organ pernapasan. Buatlah kelompok bersama 5-6 orang temanmu. Buatlah poster ihwal cara merawat organ pernapasan. Pada Pembelajaran 5 nanti kau dan kelompokmu akan mempresentasikan poster yang telah kalian buat.
Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah penyakit Membuat Poster Cara Memelihara Organ Pernapasan
Pernapasan yaitu acara penting dalam kehidupan. Semua makhluk hidup niscaya bernapas. Organ-organ pernapasan insan terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, dan paru-paru. Sistem pernapasan pada insan yaitu menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Tidak ada komentar untuk "Membuat Poster Cara Memelihara Organ Pernapasan"