Interaksi Sosial Dan Interaksi Dengan Lingkungan

Makanan merupakan materi baku utama bagi insan untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan
bermotor, masakan sangat berperan bagi badan insan dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Namun, tidak semua jenis masakan yang dikonsumsi sanggup memperlihatkan asupan gizi yang baik
dan sehat. Makanan yang sehat ialah masakan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh badan untuk memperoleh energi.

Dalam pemenuhan makanan, insan tidak sanggup bekerja sendiri. Contohnya, dalam budidaya padi, insan melaksanakan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan hidup.

Interaksi sosial yakni hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama alasannya yakni individu tidak sanggup hidup tanpa individu lainnya.
Makanan merupakan materi baku utama bagi insan untuk memproduksi energi dan memenuhi sega Interaksi Sosial dan Interaksi Dengan Lingkungan
Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara insan dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Ayo Berlatih
  1. Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi. Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara insan dan tanah (lahan sawah).
  2. Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi insan dengan alam yang sanggup kau temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa imbas dari acara insan terhadap lingkungan alam? Salah satu acara interaksi manuia dengan alam acara penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menjadikan kerugian bagi manusia. 

Ayo Berdiskusi
Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara insan dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan sobat sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, sanggup berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini.

Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya. Tuliskan kesudahannya pada tabel menyerupai berikut ini.
Interaksi yang dilakukanInteraksi
Lingkungan Hidup
Interaksi Sosial
Menangkap ikan di lautNelayan dengan bahari lantaran nelayan mengambil ikan yang ada di laut. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar.Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bantu-membantu menangkap ikan dan menjualnya kepada para pdagang di pasar ikan.
Bekerja bakti membangun jalan kampungInteraksi antara insan dengan tanah yang dipakai untuk membangun jalanInteraksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan.
Kegiatan menyiram tumbuhan di rumah.Interaksi antara insan dengan flora dan juga airInteraksi sodial antara anggota keluarga.
Penghijauan hutanIntraksi antara insan dengan flora dan interaksi antara insan dengan tanahInteraksi antar warga yang ikut dalam acara penghijauan tersebut
Lomba panjat pinangInteraksi antara insan dengan flora (pohon pinang) dan tanahInteraksi diantara penerima lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah

Ketika mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Apakah pihak yang berinteraksi mempunyai perbedaan?
  2. Berapa usia insan yang berinteraksi tersebut?
  3. Apakah jenis kelamin mereka?
  4. Apakah pekerjaan mereka?
  5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
  6. Apakah agama yang mereka anut?

Indonesia memang dikenal mempunyai tingkat keragaman budaya, moral istiadat, dan agama yang tinggi.

Tidak ada komentar untuk "Interaksi Sosial Dan Interaksi Dengan Lingkungan"