Bersatu Untuk Indonesia Makmur

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke tentu mempunyai banyak sekali keunikan. Setiap kawasan mempunyai sumber daya alam yang sanggup dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya mempunyai dua musim, yaitu demam isu hujan dan demam isu kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa menimbulkan Indonesia selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi acara agraris sehingga menciptakan Indonesia menjadi penghasil banyak sekali komoditas alam.

Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan perjuangan untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, menyerupai yang diamanatkan oleh UUD 1945.
Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke tentu mempunyai banyak sekali keuni Bersatu Untuk Indonesia Makmur
Persatuan dan kesatuan mutlak diharapkan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap kawasan bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat kawasan tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap perjuangan pengelolaan sumber daya dan hasil bumi yakni untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah acara berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia tentu tidak tersebar secara merata. Hal ini sanggup mengakibatkan kelangkaan sumber daya alam tertentu di suatu wilayah. Persebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan saling ketergantungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Agar tidak terjadi perselisihan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan sumber daya alam yang ada sanggup dimanfaatkan bersama.

b. Hal-hal yang sanggup terjadi bila sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
Jika saja pengelolaan sumber daya alam tidak mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya yakni terjadi ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara kawasan yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah dengan kawasan yang mempunyai sedikit sumber daya alam

c. Berikan pola memakai dua kawasan yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
Misalnya saja antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Lampung. Provinsi Aceh mempunyai sumber daya alam Minyak bumi dan Gas Alam yang begitu melimpah sementara Lampung mempunyai sumber daya alam yang sedikit. Denggan adanya persatuan dan kesatuan ternyata kekayaan alam Aceh yang melimpah juga sanggup dinikmati oleh masyarakat Lampung.

2. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian dengan penuh percaya diri.

Tidak ada komentar untuk "Bersatu Untuk Indonesia Makmur"