Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara

Istilah seni kerajinan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan dan membutuhkan keterampilan tertentu. Seni kerajinan mempunyai latar belakang historis berangkat dan berkembang dalam kategori tradisional, yang berlandaskan pada persepsi wawasan keselarasan dan keseimbangan hidup.

Dengan demikian, seni kerajinan lahir dari sifat rajin, terampil atau keprigelan tangan manusia, yang sanggup menghasilkan benda - benda pakai maupun benda - benda hias, baik sebagai benda penghias interior maupun benda hias eksterior. Oleh lantaran itu seni kerajinan di samping mempunyai nilai guna juga mempunyai nilai - nilai budaya

Karya kerajinan dari tiap daerah mempunyai ciri atau keistimewaan, baik dalam ragam hias, bahan, maupun tekniknya. Kita sanggup mengapresiasi (menilai) karya kerajinan menurut ciri atau keistimewaan tersebut. Ragam hias banyak terdapat pada karya kerajinan menyerupai batik, ukiran, dan topeng.

Karya kerajinan disebut karya. Indonesia mempunyai banyak jenis karya kriya. Jenis kerajinan nusantara dibedakan menjadi tiga yaitu menurut materi baku, menurut sifat bahnnya, dan menurut fungsinya. Berikut ini klarifikasi mengenai karya kerajinan Nusantara.
  1. Berdasarkan materi baku. Berdasarkan materi bakunya ada aneka macam jenis karya kerajinan, diantaranya yaitu :Karya kerajinan tekstil, Karya kerajinan kulit, Karya kerajinan bambu, Karya kerajinan rotan, Karya kerajinan kayu, dan Karya kerajinan tembikar
  2. Berdasarkan sifat bahannya. Berdasarkan sifat bahannya, karya kerajinan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis. Pertama Karya kerajinan materi lunak. Bahan-bahan lunak mencakup bahan-bahan yang gampang dibentuk, contohnya tanah liat. Jenis karya kerajinan dari materi lunak yaitu peralatan rumah tangga dari gerabah dan aneka macam hiasan keramik. Kedua Karya kerajinan materi keras. Bahan keras yaitu materi yang sifatnya keras dan sulit dibentuk. Untuk membentuknya diharapkan teknik dan alat khusus. Contoh karya kerajinan dari materi keras yaitu mebel kayu, tas rotan, dan cindera mata dari materi kerikil atau kayu. Ketiga Karya kerajinan materi semi keras. Bahan semi keras yaitu materi yang sifatnya tidak lunak, tetapi juga tidak keras. Contoh kerajinan dari materi semi keras yaitu hiasan dari foam atau gabus, kreasi bunga dari kertas dan kelobot jagung, serta kreasi benda pakai dari kain perca.
  3. Berdasarkan fungsi. Jenis karya kerajinan menurut fungsinya sebagai berikut. Pertama Karya kerajinan benda pakai. Kerajinan benda pakai mencakup segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan pada badan manusia. Contoh benda (karya) pakai antara lain berupa pakaian, tas, sepatu, sandal, kain sprei, ikat pinggang, dompet, dan peralatan makan. Kedua Karya kerajinan benda hias. Kerajinan benda hias mencakup segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan. Contoh benda hias, yaitu patung, kaligrafi hiasan dinding, lukisan kruistik, dan kipas hias.

1. Apresiasi Terhadap Karya Batik
Seni Batik yaitu pembentukan gambar pada kain dengan memakai teknik tutup celup dengan memakai lilin atau malam sebagai perintang dan zat pewarna pada kain. Seni Batik merupakan karya warisan budaya bangsa Indonesia yang telah mengalami perkembangan seiring dengan perjalanan waktu. Perkembangan yang terjadi telah menandakan bahwa seni kerajinan batik sangat dinamis dan sanggup menyesuaikan dirinya baik dalam dimensi bentuk, ruang, dan waktu.

Gambar di bawah (kiri) mengatakan batik dari Surakarta. Ragam hias batik tersebut dinamakan bendo seling huk. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik Surakarta, batik tersebut bercorak geometris. Ciri batik Surakarta yang lain yaitu warna-warnanya yang kalem, dan monoton.
Istilah seni kerajinan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan dan membut Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara
Lain halnya Gambar yang kedua (kanan) mengatakan batik dari Garut, ragam hias batik tersebut dinamakan merak ngibing. Batik dari Garut termasuk batik pesisir. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik pesisir, batik tersebut tampak naturalis, berwarna cerah, dan mempunyai motif yang bervariatif.

2. Apresiasi Terhadap Tas Daun Sagu dan Tenun Ulap Doyo
Salah satu dari kekayaan hutan Indonesia yang cukup signifikan yakni flora sagu (Metroxylon). Mengapa sagu termasuk kekayaan Indonesia? Sebab, dari total area hutan sagu di dunia, Indonesia mempunyai satu juta hektar hutan sagu yang tersebar di beberapa provinsi atau menguasai 51.3% hutan sagu di dunia. Sebaran lahan pohon sagu terbesar di Indonesia terdapat di beberapa wilayah yaitu Papua, Maluku, Riau, Sulawesi Tengah dan Kalimantan.

Gambar kiri mengatakan tas daun sagu. Tas daun sagu banyak dibuat di Papua, alasannya yaitu di Papua daun sagu melimpah. Tas daun sagu dibuat dengan teknik menganyam. Keistimewaan tas daun sagu terletak pada bahannya yang bersifat alami, serta motif-motif anyaman yang geometris.
Istilah seni kerajinan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan dan membut Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara
Tenun Ulap Doyo atau Kain Ulap Doyo merupakan seni menenun kain dari suku Dayak Benuaq di Tanjung Isuy, Kabupaten Kutai, Samarinda, Kalimantan Timur. Disebut Doyo lantaran materi utamanya yaitu serat daun Doyo.

Kain tenun merupakan hasil kerajinan dari Kalimantan Timur. Keistimewaan kain ini terletak pada materi baku serta motifnya. Kain tenun ini dibuat dari serat ulap (daun) doyo, oleh lantaran itu dinamai tenun ulap doyo. Motif-motifnya kebanyakan berupa fi gur manusia, burung enggang, dan motif-motif khas Kalimantan Timur lainnya.

3. Apresiasi Terhadap Kerajinan Roncean
Meronce yaitu teknik menciptakan benda pakai atau hias dari materi biji-bijian atau manik-manik yang dirangkai dengan benang.
Istilah seni kerajinan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan dan membut Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara
Kedua gambar di atas mengatakan hasil karya kerajinan roncean, yaitu tempat pensil dan anjat (tas
tradisional Kalimantan Timur). Kerajinan roncean diminati oleh wisatawan sebagai cenderamata. Keistimewaan kerajinan roncean dari Kalimantan Timur terletak pada bahan, teknik, dan motifnya.

Benda pakai menyerupai tempat pensil, dompet, dan anjat dibuat dari manik-manik berwarna-warni dengan ukuran yang sangat kecil. Untuk merangkainya diharapkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Kendati manik-manik yang dirangkai sangat kecil, namun ke rajinan manik-manik Kalimantan Timur tetap tampil dengan motif-motif geometris yang rumit dan indah.

Motif pada kerajinan manik-manik kebanyak an mengambil motif tradisional daerah setempat yang biasa diterapkan juga pada gesekan dan kain.

4. Apresiasi Kerajinan Kipas Bali
Kipas bali banyak dibeli wisatawan sebagai cenderamata. Mereka menganggap kipas bali unik dan menarik. Kipas Bali yaitu salah satu kerajinan tangan di bali yang sangat unik serta mempunyai nilai seni yang tinggi. Kepet (Kipas) bukan sekadar benda untuk berangin-angin. Dalam jagat seni tari, kipas punya fungsi estetik dan simbolik yang banyak dihadirkan pada mulut tarian di aneka macam cuilan dunia, khususnya di tempat Asia.
Istilah seni kerajinan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan dan membut Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara
Di Bali, tak sedikit bentuk seni tari yang merpergunakan properti kipas sebagai pendukung totalitas ungkapan isi dan penampilannya menyerupai sanggup disimak dari tari klasik Legong Keraton sampai tari modern kebyar Tarunajaya.  Jenis-jenis kipas dengan design dan warna yang bermacam-macam membuat.

Kipas-kipas ini terbuat dari kayu dan ada juga yang dikombinasi dengan kertas maupun kain.Pembuatan Kipas dikerjakan oleh tangan-tangan trampil orang Bali, yang mana bahannya dipilih ada dari kayu Cendana, kombinasi dengan Kain dengan aneka warna dan aksesori pernik-pernik unik yang mempercantik penampilan kipas bali.

Tidak ada komentar untuk "Apresiasi Karya Kerajinan Nusantara"