Nikmatnya Mencari Ilmu Dan Indahnya Membuatkan Pengetahuan

Agama Islam memandang bahwa ilmu pengetahuan yaitu hal yang sangat penting. Orang-orang yang mempunyai pengetahuan Allah Swt. janjikan dengan derajatyang tinggi di sisi-Nya, apalagi di sisi insan lainnya. Demikian pula Rasulullah saw. yang menganjurkan setiap umat Islam biar menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Q.S. at-Taubah/9:122 berisi perintah jihad itu tidak hanya dipahami dengan mengangkat senjata, tetapi memperdalam ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya juga termasuk kedalam jihad. Fungsi ilmu yaitu untuk mencerdaskan umat. Tidak dibenarkan menuntut ilmu pengetahuan hanya untuk mengejar pangkat dan kedudukan atau laba langsung saja, apalagi untuk memakai ilmu pengetahuan sebagai pujian dan kesombongan diri. Pentingnya memperdalam ilmu pengetahuan, mengamalkannya dengan baik, dan menyebarluaskannya.

A. Memahami Makna Menuntut Ilmu dan Keutamaannya
Menuntut ilmu atau berguru yaitu kewajiban setiap orang Islam. Bahkan wahyu pertama yang diterima Nabi saw. yaitu perintah untuk membaca atau belajar. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tu-hanmu yang menciptakan. Dia telah membuat insan dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan insan apa yang tidak diketahuinya.” (Q.S. al-‘Alaq/96:1-5)

Hukum Menuntut Ilmu
Istilah ilmu meliputi seluruh pengetahuan yang tidak diketahui manusia, baik yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat, maka wajib dituntut dan dipelajari. Hukum menuntut ilmu-ilmu wajib itu terbagi atas dua bagian, yaitu fardu  kifayah dan fardu ‘ain.
  1. Fardu Kifayah. Hukum menuntut ilmu fardu kifayah berlaku untuk ilmu-ilmu yang harus ada di kalangan umat Islam sebagaimana juga dimiliki dan dikuasai golongan kafir, menyerupai ilmu kedokteran, perindustrian, ilmu falaq, ilmu eksakta, serta ilmu-ilmu lainnya.
  2. Fardu ‘Ain. Hukum mencari ilmu menjadi far«u ‘ain jikalau ilmu itu dihentikan ditinggalkan oleh setiap muslim dan muslimah dalam segala situasi dan kondisi, menyerupai ilmu mengenal Allah Swt. dengan segala sifat-Nya, ilmu perihal tatacara beribadah, dan sebagainya.

Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu
  1. Diberikan derajat yang tinggi di sisi Allah Swt. “Dan Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kau dan orang-orang yang cerdik pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kau kerjakan.” (Q.S. al-Mujadillah/58:11)
  2. Diberikan pahala yang besar di hari tamat zaman nanti Dari Anas bin Malik ra. Rasulullah saw. bersabda, “Penuntut ilmu yaitu penuntut rahmat, dan penuntut ilmu yaitu pilar Islam dan akan diberikan pahalanya bersama para nabi.” (H.R. ad-Dailami)
  3. Merupakan sedekah yangg paling utama Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah yang paling utama yaitu jikalau seorang muslim mempelajari ilmu dan mengajarkannya kepada saudaranya sesama muslim.” (H.R. Ibnu Majah)
  4. Lebih utama dari pada spesialis ibadah Dari Ali bin Abi Talib ra. Rasulullah saw. bersabda, “Seorang alim yang sanggup mengambil manfaat dari ilmunya, lebih baik dari seribu orang hebat ibadah.” (H.R. ad-Dailami)
  5. Lebih utama dari śalat seribu raka’at Dari Abu Zarr, Rasulullah saw. bersabda, “Wahai Aba Zarr, kau pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah telah baik bagimu dari pada śalat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu penggalan ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada śalat seribu rakaat.” (H.R. Ibnu Majah)
  6. Diberikan pahala menyerupai pahala orang yang sedang berjihad di jalan Allah. Dari Ibnu Abbas ra. Rasulullah saw. bersabda, “Bepergian saat pagi dan sore guna menuntut ilmu yaitu lebih utama daripada berjihad fi sabilillah.” (H.R. ad-Dailami)
  7. Dinaungi oleh malaikat pembawa rahmat dan dimudahkan menuju surga. Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah sekumpulan orang yang berkumpul di suatu rumah dari rumah-rumah (masjid) Allah ‘Azza wa Jalla, mereka mempelajari kitab Allah dan mengkaji di antara mereka, melainkan malaikat mengelilingi dan menyelubungi mereka dengan rahmat, dan Allah menyebut mereka di antara orang-orang yang ada di sisi-Nya. Dan tidaklah seorang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu melainkan Allah memudahkan jalan baginya menuju surga.” (H.R. Muslim dan Ahmad)

B. Ayat-Ayat Al-Qur’an perihal Ilmu Pengetahuan
Q.S. at-Taubah/9:122
a. Lafal Ayat dan Artinya

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

b. Hukum Tajwid
Surat at-Tabah/9:122
LafalHukum Tajwid
وَمَاmad thobi'i alasannya ada fathah diikuti alif
كَانَmad thobi'i alasannya ada fathah diikuti alif
الْمُؤْمِنُونَidhar qomariyah alasannya ada alif lam diikuti mim, dan mad thobi'i alasannya ada dhommah diikuti wawu sukun
لِيَنْفِرُوا ikfa' haqiqi alasannya ada nun sukun bertemu abjad fa'
كَافَّةًmad lazim mustaqqal kilmi alasannya ada mad thobi'i bertemu abjad yang bertanda baca tasydid dalam satu kata
فَلَوْmad layyin alasannya ada wawu sukun yang didahului abjad dengan tanda baca fathah
لَاmad thobi'i alasannya ada fathah diikuti alif
مِنْ كُلِّikfa' haqiqi alasannya ada nun sukun bertemu abjad kaf
فِرْقَةٍ مِنْهُمْidghom bighunnah alasannya ada tanwin bertemu abjad mim, dan idhar halqi alasannya ada nun sukun bertemu abjad ha'
مِنْهُمْ طَائِفَةٌidhar syafawi alasannya ada mim sukun bertemu abjad tho'
طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُواidghom bila ghunnah alasannya ada tanwin bertemu abjad lam
فِيmad thobi'i alasannya ada ya' sukun didahului kasro
الدِّينِidhom syamsyiyah alasannya ada alif lam diikuti dal
وَلِيُنْذِرُواihfa' haqiqi alasannya ada nun sukun bertemu dzal
قَوْمَهُمْmad layyin alasannya ada wawu sukun didahului fathah
قَوْمَهُمْ إِذَاidhar syafawi alasannya ada mim sukun bertemu alif
إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْidhar syafawi alasannya ada mim sukun bertemu lam
لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَidhar syafawi alasannya ada mim sukun bertemu ya'
يَحْذَرُونَmad arid lis sukun alasannya ada mad thobi'i sebelom waqof

Artinya:
“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, biar mereka sanggup menjaga dirinya.”

c. Kandungan Ayat
Dalam ayat ini, Allah swt. menandakan bahwa tidak perlu semua orang mukmin berangkat ke medan perang, bila peperangan itu sanggup dilakukan oleh sebagian kaum muslimin saja. Tetapi harus ada pembagian kiprah dalam masyarakat, sebagian berangkat ke medan perang, dan sebagian lagi bertekun menuntut ilmu dan mendalami ilmu-ilmu agama Islam supaya ajaran-ajaran agama itu sanggup diajarkan secara merata, dan dakwah sanggup dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan bermanfaat serta kecerdasan umat Islam sanggup ditingkatkan.

Ayat ini telah menetapkan bahwa fungsi ilmu tersebut yaitu untuk mencerdaskan umat, maka tidaklah sanggup dibenarkan bila ada orangorang Islam yang menuntut ilmu pengetahuannya hanya untuk mengejar pangkat dan kedudukan atau laba langsung saja, apalagi untuk memakai ilmu pengetahuan sebagai pujian dan kesombongan diri terhadap golongan yang belum mendapatkan pengetahuan

C. Hadis perihal Mencari Ilmu dan Keutamaannya
1. Hadits perihal salah satu Fungsi ilmu

(مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ (رواه الطبراني

Artinya :
’Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus mempunyai ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan alam abadi maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.” (HR. Thabrani)
2. Hadits perihal aturan menuntut ilmu

طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
Artinya :
Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)
3. Kewajiban mencari ilmu itu tidak memandang batasan usia, melainkan seumur hidup. Sabda Nabi SAW

(أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْْدِ (رواه مسلم
Artinya :
“Carilah ilmu itu semenjak dari ayunan hingga masuk ke liang lahat”(HR. Muslim)
4. Menuntut ilmu itu harus mau bersusah payah, alasannya ilmu itu harus dicari di mana saja, sekalipun sangat jauh tempatnya dan banyak rintangannya, menyerupai sabda Nabi SAW :

(أُطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصّيْنِ {رَوَاهُ عَبْدُالْبَر
Artinya ,
“Carilah ilmu itu walau di negeri Cina”.(HR. Abdul Bar)
5. Etika menuntut ilmu

(تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ
Artinya :
”Belajarlah kau semua, dan mengajarlah kau semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku sepakat terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

D. Menerapkan Perilaku Mulia
Perilaku yang mencerminkan perilaku memahami Q.S. at-Taubah/9:122, di antaranya tergambar dalam aktivitas-aktivitas sebagai berikut.
Agama Islam memandang bahwa ilmu pengetahuan yaitu hal yang sangat penting Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan
  1. Jadilah orang yang cerdik (pandai), sehingga dengan ilmu yang dimiliki seorang muslim sanggup mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada orangorang yang ada disekitarnya. Dan dengan demikian kebodohan yang ada dilingkungannya sanggup terkikis habis dan menjelma masyarakat yang beradab dan mempunyai wawasan yang luas.
  2. Jika tidak sanggup menjadi orang pintar yang mengajarkan ilmunya kepada umat manusia, jadilah sebagai orang yang mau berguru dari lingkungan sekitar dan dari orang-orang pandai.
  3. Jika tidak sanggup menjadi orang yang belajar, jadilah sebagai orang yang mau mendengarkan ilmu pengetahuan. Setidaknya jikalau kita mau mendengarkan ilmu pengetahun kita sanggup mengambil pesan yang tersirat dari apa yang kita dengar.
  4. Jika menjadi pendengar juga masih tidak bisa, maka jadilah sebagai orang yang menyukai ilmu pengetahun, diantaranya dengan cara membantu dan memuliakan orang-orang yang berilmu, memfasilitasi acara keilmuan menyerupai menyediakan daerah untuk pelaksanaan pengajian dan lain-lain.
  5. Janganlah menjadi orang yang kelima, yaitu yang tidak berilmu, tidak belajar, tidak mau mendengar, dan tidak menyukai ilmu. Jika diantara kita menentukan yang kelima ini akan menjadi orang yang celaka

Tidak ada komentar untuk "Nikmatnya Mencari Ilmu Dan Indahnya Membuatkan Pengetahuan"