Beriman Kepada Malaikat Allah

Malaikat ialah makhluk Allah yang mistik alasannya ialah tidak sanggup dilihat oleh manusia. Kita beriman adanya malaikat, alasannya ialah Allah yang telah memberitahukannya. Ada sepuluh malaikat yang wajib kita ketahui, yaitu: Jibril, Mikail, Raqib, Atid, Ridwan, Malik, Izrail, Mungkar, Nakir dan Israfil. Para malaikat tersebut mempunyai kiprah masing-masing dari Allah.

Kita harus mendapatkan keberadaan para malaikat tersebut dengan: keyakinan bahwa malaikat itu ada ; setiap ketika takut dan ingat kepada Allah banyak mengingat kematian; dan gemar mengerjakan perbuatan yang didoakan malaikat.

Perilaku pergaulan sehari-hari yang mencerminkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah, adalah: gemar berzakat untuk menolong sesama ; gemar berkunjung kepada kerabat dan orang-orang yang beriman; dan gemar menjalankan perintah-perintah Allah lainnya, serta meninggalkan larangan-larangan-Nya.
Malaikat ialah makhluk Allah yang mistik alasannya ialah tidak sanggup dilihat oleh insan Beriman kepada Malaikat Allah
A. Makna Beriman kepada Malaikat Allah
Kata Malaikat berasal dari bahasa arab yaitu: "malak" (ملك) berarti risalah atau utusan. Adapun berdasarkan istilah, malaikat ialah makhluk yang diciptakan dari cahaya dan khusus untuk taat juga beribadah kepada Allah SWT. Serta mengerjakan semua tugas-tugas-Nya.  Berikut ini ialah beberapa makna beriman kepada malaikat Allah:
  1. Meyakini bahwa malaikat itu ada meskipun tidak sanggup dilihat.
  2. Meyakini bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah dan dihentikan disembah.
  3. Meyakini bahwa malaikat mempunyai sifat-sifat khusus, menyerupai selalu patuh kepada perintah Allah, tidak mati, diciptakan dari cahaya (nur); tidak makan dan tidak minum, dan mempunyai tugas-tugas tertentu.

Insya Allah, saya bisa!
Ayo, jelaskan makna beriman kepada malaikat Allah!
Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat itu ada meskipun tidak terlihat, malaikat dihentikan disembah, dan malaikat mempunyai sifat khusus.

B. Mengenal Malaikat Allah dan Tugas-tugasnya
Malaikat hanya mengerjakan apapun yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada mereka. Malaikat pun ada banyak, namun dalam kehidupan kita hanya ada sepuluh nama malaikat yang wajib kita ketahui dan imani. Berikut ini ialah nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya yang harus diketahui oleh setiap muslim.
  1. Jibril, ialah malaikat yang bertugas memberikan wahyu.
  2. Mikail, ialah malaikat yang bertugas memberikan rezeki.
  3. Raqib, ialah malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.
  4. Atid, ialah malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan jelek manusia.
  5. Ridwan, ialah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga.
  6. Malik, ialah malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka.
  7. Izrail, ialah malaikat yang bertugas mencabut nyawa.
  8. Munkar dan Nakir, ialah malaikat yang bertugas memperlihatkan pertanyaan di alam kubur.
  9. Israfil, ialah malaikat yang bertugas meniup sangkakala jikalau hari selesai zaman telah tiba.

Insya Allah, saya bisa!
Ayo, jelaskan mengapa semua amalan kita tercatat?
Amalan kita semua akan tercatat alasannya ialah malaikat rakib atid selalu mengikuti kemana kita pergi untuk mencatat amal kita baik amalan baik ataupun amalan buruk

C. Menerima Keberadaan Malaikat Allah
Kita telah diberitahu keberadaannya oleh Allah melalui sumber-sumber yang terpercaya, yaitu al-Qur'an dan hadis nabi. Berikut ini ialah cara semoga kita sanggup mendapatkan keberadaan malaikat Allah:
  1. Keyakinan yang niscaya bahwa setiap ketika kita takut dan ingat kepada Allah alasannya ialah ada malaikat yang mencatat perbuatan kita dan Allah akan memperlihatkan balasannya;
  2. Banyak mengingat kematian;
  3. Gemar mengerjakan perbuatan yang pelakunya didoa'kan para malaikat Allah; contohnya menuntut ilmu, mengunjungi para saudara dan sahabat, tidur dalam keadaan suci, dan menentukan barisan paling depan dalam ¡alat berjamaah.

Insya Allah, saya bisa!
Ayo, jelaskan bagaimana cara mendapatkan keberadaan malaikat?
Cara mendapatkan kebeadaan malaikat sanggup dilakukan dengan cara setiap ketika ingat kepada Allah, banyak mengingat kematian, dan banyak melaksanakan acara yang pelakunya didoakan oleh para malaikat.

D. Perilaku yang Mencerminkan Keimanan kepada Malaikat Allah
Beriman kepada malaikat hukumnya ialah wajib. Hal ini menjadi salah satu rukun iman selain dari iman kepada Allah SWT, iman kepada kitab-Nya, iman kepada rasul-Nya, iman kepada hari selesai dan iman kepada qada dan qadar. Berikut ini juga klarifikasi yang menguatkan ihwal perilaku-perilaku tersebut.
  1. Suka berzakat (peduli untuk menolong sesama).
  2. Gemar menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan- Nya.
  3. Berkata dan berbuat jujur, alasannya ialah di mana dan ke mana pun niscaya malaikat akan senantiasa ada untuk mengawasi kita.
  4. Patuh dan taat terhadap hukum-hukum Allah SWT dan segala bentuk peraturan yang telah dibentuk oleh pemerintah.
  5. Melaksanakan kiprah yang telah diemban kepada kita dengan rasa penuh tanggung jawab dan rasa ikhlas.
  6. Berusaha untuk sekuat tenaga dalam menghindari aneka macam macam perbuatan atau sikap buruk.

Insya Allah, saya bisa!
Ayo, ceritakan pengalamanmu berzakat kepada saudaramu yang kurang beruntung!

Tidak ada komentar untuk "Beriman Kepada Malaikat Allah"