Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan perihal proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah bencana timbul alasannya yaitu ada bencana lain sebelumnya dan bencana tersebut menjadikan bencana yang lain sesudahnya. Struktur teks ekplanasi terdiri dari Pernyataan Umum (Topik Masalah), Deretan Penjelas, dan Interpretasi (Kesimpulan dan pesan/pendapat eksklusif penulis). Berikut ini pola teks eksplanasi.

Menyalurkan Energi Listrik
Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi. Tidak sanggup dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi
alasannya yaitu perkembangan teknologi di aneka macam bidang, yang didukung oleh tugas listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik sanggup dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: fatwa air sungai (PLTA), geothermal (PLTU), fatwa angin (PLTA), dsb.
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan perihal proses terjadinya atau terbentukny Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik
Setelah energi listrik dihasilkan di sentra pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan sampai 500 kv, gres kemudian disalurkan ke aneka macam tempat memakai sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat sanggup mengakses gosip yang berasal dari aneka macam kepingan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan sanggup terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kau telah mencicipi manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Jawab pertanyaan berikut menurut teks. Diskusikan bersama sobat untuk mendapat balasan yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang sanggup dipakai untuk membangkitkan energi listrik?
Sumber daya alam yang sanggup dipakai untuk membangkitkan energi listrik antara lain air sungai, panas bumi, dan angin.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) berfungsi menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit listrik.

3. Mengapa energi listrik dari sentra pembangkit listrik perlu dinaikkan kemudian diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
Energi listrik dari sentra pembangkit listrik perlu dinaikkan kemudian diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah semoga sesuai tegangannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut mempunyai tugas penting di kala globalisasi kini ini? Jelaskan dengan singkat.
Dengan adanya listrik kini masyarakat sanggup mengakses gosip yang berasal dari aneka macam kepingan dunia. 

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan gosip penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan perihal proses terjadinya atau terbentukny Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik
Paragraf 1 (Topik Masalah)

Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi. Listrik memanfaatkan sumber energi fatwa air sungai, panas bumi, dan fatwa angin.

Paragraf 2 (Deretan Penjelas)
Energi listrik dinaikan tegangannya oleh transformator, listrik disalurkan melalui sistem transmisi SUTET, gardu induk menurunkan tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv, gardu distribusi menurunkan tegangan menjadi tegangan rendah 220 volt.

Paragraf 3 (kesimpulan)
Listrik membantu masyarakat mengakses gosip yang berasal dari aneka macam kepingan dunia.

Listrik sangat besar lengan berkuasa terhadap proses globalisasi. Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu menunjukkan tugas yang sangat besar terhadap saluran gosip ke aneka macam kepingan dunia. Dengan adanya listrik terjadi arus gosip yang dengan cepat sanggup diakses oleh waga di aneka macam penjuru dunia.

Tidak ada komentar untuk "Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik"