Soal Penilaian Tema 4 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah biar siswa mengalami perubahan yang positif. Penilaian berarti perjuangan untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan berguru mengajar. Evaluasi sanggup diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana. 

Contohnya dalam penilaian pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil berguru siswa yang merupakan langkah awal dalam proses penilaian tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam banyak sekali bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang sanggup dipakai dalam penilaian pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.

Pada bab tamat setiap tema akan diadakan penilaian pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Berpikir Global, Bertindak Lokal artinya mempunyai pemikiran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Contoh tindakan Beroikir Global Bertindak Lokal diantaranya yakni berbelanja di pasar tradisional, memakai barang-barang produksi dalam negeri, mengonsumsi buah-buahan lokal

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.
  1. Komponen utama dari sumber energi ini yakni sel foltovotaik. Sel tersebut mempunyai peranan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik.  Pada siang hari panel surya mendapatkan cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang mudah dan flexible yang dipakai sebagai daerah pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
  3. Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik menyerupai lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
  4. Bila listrik DC ingin dipakai menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dan sebagainya maka dibutuhkan inverter yang sanggup mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter yakni perangkat elektrik yang dipakai untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat menyerupai batere, panel surya / solar cell menjadi AC.

3. Apa yang kau ketahui ihwal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yakni pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya mempunyai fungsi yang sama, yaitu menghasilkan energi listrik utuk mendukung kegiatan manusia.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Untuk sanggup menghasilkan energi listrik melalui PLTS dibutuhkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang dibutuhkan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.

Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat eksklusif penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal terusan isu ke banyak sekali bagian dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.

4. Mencintai produk dalam negeri yakni merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah kau baiklah dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !
Setuju alasannya dengan kita memakai produk dalam negeri berarti melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk negara lain.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²

Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun adonan berikut.
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Luas adonan = Luas Bangun 1 + Luas bangun 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangun2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas adonan = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²

7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang beliau perlukan

Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²

Tidak ada komentar untuk "Soal Penilaian Tema 4 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air"