Globalisasi, Bermanfaat Atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi insan di banyak sekali cuilan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan banyak sekali masakan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, dingklik plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah masakan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin kawasan pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal nyata dari globalisasi.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya periode globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa gosip dari cuilan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, gosip penting dan terkenal tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi sanggup memengaruhi kebudayaan insan di sebuah negeri. Masuknya imbas asing, secara tidak pribadi akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya sanggup menjadi imbas positif, namun bukan tidak mungkin membawa imbas negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, belum dewasa muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga menggandakan cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh nyata akhir globalisasi tentu akan memperkaya insan di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak tidak mungkin nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akhir globalisasi.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa saja dampak nyata dari globalisasi?
Dampak nyata globalisasi diantanranya yakni kita sanggup dengan gampang menemukan banyak sekali masakan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Selain itu juga gosip penting dan terkenal tersampaikan ke segala penjuru dunia.
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Dampak negatif globalisasi diantaranya yakni membanjirnya barang dari luar negeri sehingga mengalahkan produksi dalam negeri. Selain itu globalisasi juga menjadikan masuknya budaya ajaib yang belum tentu cocock dengan budaya bangsa Indonesia.
3. Mengapa globalisasi sanggup memengaruhi budaya bangsa?
Globalisasi sanggup memengaruhi budaya bangsa alasannya yakni dengan masuknya imbas ajaib secara tidak pribadi akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi membawa banyak perubahan pada budaya bangsa Indonesia sehingga tidak tidak mungkin nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akhir globalisasi. Bangsa Indonesia harus mempunyai benteng nilai budaya yang kuat.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi periode globaliasi?
Untuk menghadapi periode globalisasi dibutuhkaan sumber daya insan yang mempunyai keterampilan-keterampilan yang diharapkan dan benteng nilai budaya yang kuat.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi
Apa manfaat globalisasi bagi insan di banyak sekali cuilan dunia Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Saat ini, imbas budaya ajaib telah membawa begitu banyak perubahan berlangsung sangat cepat dan menyangkut sendi-sendi dasar kehidupan masyarakat. Misalnya yakni perubahan mode pakaian. Dapat kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari baik belum dewasa maupun cukup umur sudah mulai menggandakan cara berpakaian orang-orang ajaib atau yang kebarat-baratan.

Tidak ada komentar untuk "Globalisasi, Bermanfaat Atau Tidak?"