Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi. Globalisasi terjadi sebab perkembangan teknologi di banyak sekali bidang, yang didukung oleh tugas listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia ketika ini menjadi sangat bersahabat dengan listrik. Listrik menjadi pecahan kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, ketika arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, bencana tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan bekerjsama juga tidak menyukai bencana mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang besar lengan berkuasa sanggup dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam ibarat petir, pohon, dan binatang yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada
gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?
Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya sanggup membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita gotong royong ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Jawab pertanyaan berikut menurut teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapat tanggapan yang lengkap dan tepat.

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?
Peran listrik di kala globalisasi
2. Apa saja penyebab terputusnya anutan listrik dari stasiun pembangkit sampai ke rumah warga?
Penyebab terputusnya anutan listrik dari stasiun pembangkit sampai ke rumah warga yaitu Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. 
3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?
Cara mencegah matinya lampu sanggup dilakukan dengan mencegah gangguan alam ibarat petir, pohon, dan binatang yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak
Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman untuk mendapat tanggapan yang sempurna dan lengkap.

Ayo Menulis
Tuliskan isu tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut. Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?
Paragraf 1
Listrik mempunyai tugas penting di kala globalisasi.  Listrik menjadi pecahan kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan.

Paragraf 2
Penyebab terputusnya anutan listrik dari stasiun pembangkit sampai ke rumah warga yaitu Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Paragraf 3
Sebagai pengguna listrik sanggup membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu

Penemuan listrik sangat besar lengan berkuasa terhadap proses globalisasi. Benda-benda memakai energi listrik yang berperanan sampai terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap susukan isu ke banyak sekali belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi.

Tidak ada komentar untuk "Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?"