Melengkapi Teks Eksplanasi Teknologi Hijau Di Periode Globalisasi

Teks eksplanasi ialah teks yang menjelaskan perihal terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah insiden timbul lantaran ada insiden lain sebelumnya dan insiden tersebut menjadikan insiden yang lain sesudahnya.

Semua isu yang ada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan karangan.  Ciri-ciri teks eksplanasi antara lain memuat isu menurut fakta, memuat isu yang bersifat keilmuan, dan menjelaskan proses terjadinya fenomena alam/sosial. Ingat kembali struktur dari teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi terdiri dari.
  1. Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik persoalan yang akan disajikan. Paragraf ini Berisi perihal klarifikasi umum perihal fenomena yang akan dibahas, sanggup berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
  2. Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari persoalan yang disajikaan secara berurutan dan sistematis
  3. Pargraf 3: Simpulan dan pesan/kesan penulis perihal topik tersebut. Teks epilog yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks epilog yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan gugusan penjelas.

Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Paragraf 1: Pernyataan umum
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam aktivitas manusia. Pada abad globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia lantaran saling terkait dan memilih keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan persoalan lingkungan. Persoalan lingkungan tanggapan proses teknologi sudah menjadi persoalan yang mendunia.

Paragraf 2: Deret penjelas
Teknologi hijau ialah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan ketika ini ialah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai tenaga surya yang berlimpah. Dengan keadaan geografis di Indonesia yang setiap tahun sanggup sinar matahari, salah satu alat yang optimal di Indonesia ialah “Panel Surya”.
Teks eksplanasi ialah teks yang menjelaskan perihal terjadinya atau terbentuknya suatu fe Melengkapi Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Paragraf 3: Deret penjelas
Panel surya bekerja mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Saat ini penggunaan panel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk menciptakan panel surya cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diperlukan sanggup ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pargraf 4: Simpulan dan pesan
Fakta menunjukan bahwa permasalahan lingkungan semakin usang semakin memburuk. Oleh lantaran itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menyebarkan teknologi yang ramah lingkungan.

*************************************************************************
Demikian teks eksplanasi mengenai Teknologi Hijau di Era Globalisasi. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti materi bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya ialah energi surya. Di abad globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang bermacam-macam sepertinya tidak sanggup dihindari.

Tidak ada komentar untuk "Melengkapi Teks Eksplanasi Teknologi Hijau Di Periode Globalisasi"