Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor Dan Manipulatif Permainan Kasti

Kasti dimainkan memakai bola kecil. Dalam bermain kasti, sanggup mengombinasikan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Dalam permainan kasti, batas waktu ditentukan menurut kemampuan kelompok penjaga mematikan kelompok pemukul. Cara bermain kasti ialah dengan membentuk kelompok yang beranggotakan 3–4 orang.

1. Gerak Dasar dalam Permainan Kasti
Ada beberapa gerak dasar dalam permainan kasti, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

a. Kombinasi dalam Melempar Bola
Dalam permainan kasti, melempar bola merupakan gerak dasar. Melempar bola mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak dasar melempar bola terdiri atas tiga jenis berikut.

1) Melempar Bola Mendatar dan Gerak Meluruskan Lengan
Gerakan melempar bola dan meluruskan lengan menawarkan kombinasi gerak nonlokomotor dan
manipulatif dalam melempar bola. Gerak nonlokomotor ketika meluruskan tangan, sedangkan gerak manipulatif ketika melempar bola mendatar.

Gerak ini diawali dengan pemain memegang bola memakai tangan kanan. Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. Lengan kanan lurus dari belakang ke depan. Pandangan mata ke arah target dan lemparkan bola setinggi dada.

2) Melempar Bola Lambung dan Meluruskan Lengan
Gerakan melempar bola lambung dan meluruskan tangan menawarkan kombinasi nonlokomotor dan manipulatif. Gerakan melempar bola lambung merupakan gerak manipulatif, sedangkan meluruskan tangan merupakan geraknonlokomotor.

Gerakan melempar bola melambung sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut. Langkah
awal, bangun dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Pegang bola dengan tangan kanan, pandangan ke arah sasaran. Ayunkan lengan kanan lurus dari belakang ke depan dan lemparkan bola ke atas melewati tinggi badan.

3) Melempar Bola Menyusur dan Meluruskan Lengan
Gerak melempar bola menyusur tanah merupakan kombinasi gerak manipulatif dan lokomotor. Gerakan melempar bola menyusur merupakan gerak manipulatif, sedangkan meluruskan tangan merupakan gerakan nonlokomotor.

Gerak bola menyusur tanah membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Saat melempar bola, tubuh dibungkukkan dan kaki ditekuk. Bola ditarik memakai salah satu tangan ke belakang, kemudian diayunkan ke depan dengan cepat. Lepaskan bola sehingga bola melaju menyusur tanah.

b. Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Datar
Gerakan menangkap bola mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif.

1) Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Datar
Menekuk lengan dan menangkap bola datar merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan ketika menekuk lengan, sedangkan gerak manipulatif ketika menangkap bola datar.

Saat menangkap bola, posisi tubuh tegak dan kaki sedikit dibuka. Kedua tangan diangkat ke depan setinggi dada. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola. Selanjutnya, bola ditangkap dengan kedua tangan.

2) Menekuk Lengan dan Menangkap Bola Lambung
Menekuk lengan dan menangkap bola lambung merupakan kombinasi gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan ketika menekuk lengan, sedangkan gerak manipulatif ketika menangkap bola lambung

Sikap awal posisi tubuh tegak, kaki sedikit dibuka. Kedua tangan diangkat mengikuti arah datangnya bola. Pandangan tertuju pada arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dibuka ke atas dan pergelangan tangan dirapatkan. Selanjutnya, tangkap bola dengan kedua tangan.

3) Berjongkok dan Menangkap Bola Menyusur
Berjongkok dan menangkap bola datar merupakan gerak kombinasi antara gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif. Gerak nonlokomotor dilakukan ketika berjongkok, sedangkan gerak manipulatif dilakukan ketika menangkap bola menyusur.
 batas waktu ditentukan menurut kemampuan kelompok penjaga mematikan kelompok pemukul Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor dan Manipulatif  Permainan Kasti

Posisi awal, tubuh jongkok, kaki ditekuk, dan tangan ditempatkan di antara kedua kaki. Pandangan tertuju ke arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dibuka dan pergelangan tangan dirapatkan. Selanjutnya, tangkap bola dengan kedua tangan.

c. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Memukul Bola
Gerakan memukul bola sanggup mengombinasikan gerak nonlokomotor, manipulatif, dan lokomotor. Gerak manipulatif ketika memukul bola, gerak nonlokomotor ketika menekuk lengan, dan gerak lokomotor ketika berlari menuju tiang hianggap.

Saat memukul bola, harus memperhatikan arah bola. Ayunkan tongkat pemukul sempurna mengenai bola. Pukulan yang benar menghasilkan pantulan bola yang sulit dijangkau kelompok penjaga. Setelah memukul bola, ikuti gerakan berlari menuju tiang hinggap.

2. Mengombinasikan Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Kasti
Gerakan dasar pada permainan kasti mencakup melempar bola, menangkap bola, dan memukul bola. Kombinasi gerak dasar permainan kasti sanggup dilakukan secara berkelompok atau berpasangan.
Satu orang melaksanakan gerakan melempar bola. Satu orang lagi berlatih gerakan memukul bola melalui lemparan bola dari rekannya.

Sementara itu, satu orang lainnya menangkap bola hasil pukulan. Bola yang ditangkap dilemparkan ke arah temannya. Praktikkan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif melalui langkah-langkah berikut.
  1. Bentuklah tim terdiri atas dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5–6 orang.
  2. Tentukan kelompok pemukul dan kelompok penjaga.
  3. Kelompok pemukul menempati ruang bebas, sedangkan kelompok penjaga menyebar di semua bidang lapangan.
  4. Pemain nomor 1 kelompok pemukul menempati daerah memukul dan bersiap melaksanakan pukulan.
  5. Setelah memukul bola, pemukul berlari menuju tiang hinggap/pos, kemudian berlari menuju ruang bebas.
  6. Kelompok penjaga berusaha mematikan pemain (pemukul yang sedang berlari) dengan cara melemparkan bola mengenai tubuh pemain.
  7. Lakukan acara hingga semua pemukul mendapat kesempatan melaksanakan pukulan dan berlari.
  8. Lakukan pergantian antara pemukul dan penjaga (bertukar posisi) bila semua pemukul sudah mendapat giliran melaksanakan pukulan.

Tidak ada komentar untuk "Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor Dan Manipulatif Permainan Kasti"