Kegiatan Literasi 4 Ikrar Toleransi

Bangsa kita ialah bangsa besar dengan keragaman sosial dan budayanya. Keragaman tersebut terikat dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Itulah yang menjadi dasar bagi kita untuk hidup rukun dengan mengedepankan sikap persatuan. Diperlukan juga kesadaran diri dari setiap warga negara Indonesia untuk berjiwa besar mendapatkan perbedaan dengan mengedepankan sikap toleransi.

Toleransi ialah sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Contoh sikap toleransi antara lain : menghargai pendapat dan/atau anutan orang lain yang berbeda dengan kita serta saling bahu-membahu untuk kemanusiaan tanpa memandang suku , ras, agama / kepercayaannya.

Indonesia populer dengan banyak sekali agama dan suku bangsa sehingga sikap toleransi sangatlah penting dalam hidup bermasyarakat. Berikut ini beberapa manfaat dari sikap toleransi di masyarakat:
  1. Menghindari peperangan atau perpecahan alasannya dengan berguru menghargai antar warga masyarakat sanggup terhindar dari perpecahan.
  2. Mempererat relasi antar insan alasannya dengan adanya toleransi masyarakat sudah sanggup menjalankan hidup berdampingan.
  3. Memperkuat persatuan dan kesatuan alasannya dengan adanya sikap toleransi masing-masing akan saling menghormati dan saling menghargai.
  4. Menimbulkan rasa cinta tanah air alasannya landasan utama Indonesia untuk menjadi negara besar dan berpengaruh ialah adanya sikap rasa toleransi antarwarganya.
  5. Dapat menuntaskan problem dengan cara musyawarah tanpa ada kekerasan.
  6. Dapat mengendalikan sikap egois alasannya kurangnya sikap toleransi sanggup diakibatkan adanya rasa egois yang terlalu tinggi.
Bangsa kita ialah bangsa besar dengan keragaman sosial dan budayanya Kegiatan Literasi 4 Ikrar Toleransi
Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia sanggup dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Namun keunggulan tersebut sanggup menjadi problem alasannya tidak adanya sikap toleransi. Untuk itu kita sanggup melaksanakan hal-hal berikut semoga tolerasnsi tetap terjaga.
  1. Belajar dan bermain dengan sahabat dan sahabat pena dari macammacam daerah.
  2. Berlatih menari macam-macam tarian, menyerupai Kecak, Gending Sriwijaya, tari Baris, Serimpi.
  3. Mengajak tetangga untuk bermain congklak, petak umpet, engklek, enggrang, gobak sodor, dan permainan lainnya.
  4. Mengajak sahabat yang gres pindah dari tempat lain untuk bercerita dan bermain bersama.
  5. Mengajak sahabat untuk tidak menyampaikan “ih” terhadap budaya lain.
  6. Meminjam buku dari perpustakaan ihwal macam-macam budaya.
  7. Membaca cerita-cerita tempat dan bermain dengan teman-teman.
  8. Mengajak sahabat untuk menyapa dan bermain dengan sahabat baru.

Nah, kini bacakan IKRAR TOLERANSI berikut! Bacakan di depan Guru dan teman-temanmu. Pada final kegiatan, jangan lupa meminta pendapat dan saran dari Guru dan teman-temanmu!

Ikrar Toleransi
  1. Saya tahu Indonesia mempunyai suku dan budaya yang beraneka ragam. Oleh alasannya itu, saya akan mempelajarinya.
  2. Saya tahu setiap budaya mempunyai ciri pembeda. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan menghargainya.
  3. Setiap suku bangsa mempunyai, kesenian, bahasa, teknologi, pengetahuan, dan sistem iktikad yang wajib saya hargai dan hormati.
  4. Pengetahuan saya ihwal kebudayaan orang lain masih sedikit. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan mempelajarinya.
  5. Saya pun belum banyak mengetahui budaya milik sendiri. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan mempelajarinya.
  6. Saya tahu ada masalah, bahwa orang lebih bahagia pada budayanya sendiri. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan menghormatinya.
  7. Saya tahu ada masalah, bahwa orang sering merasa budaya wilayahnya lebih baik. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan menghargainya.
  8. Saya tahu banyak kebudayaan abnormal masuk ke negeri kita. Oleh alasannya itu, saya berjanji akan lebih waspada dalam mendapatkan kebudayaan tersebut. Saya juga berjanji untuk lebih memperhatikan kebudayaan negeri kita sendiri

Negara kita ini ialah negara dengan beribu-ribu pulau dan bermacam-macam budaya, adat, ras, etnis, bahasa, agama dan lainnya. Semua itu dicantumkan ke dalam semboyan kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Sikap toleransi akan semakin diharapkan dikala perubahan zaman terjadi. Generasi di masa depan akan mengalami budaya gres yang lahir dari sikap insan itu sendiri, maka sikap toleransi tetap sangat diharapkan semoga tidak mengakibatkan pertikaian dan kesalahapahaman.

Tidak ada komentar untuk "Kegiatan Literasi 4 Ikrar Toleransi"