Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada ketika air dipermukaan bumi menguap sebab terkena panas matahari. Uap air akan bermetamorfosis awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air bermetamorfosis titiktitik air yang disebut pengembunan.

Ayo Mengamati
Pernahkah kau memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi sebab adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan bermetamorfosis awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri. Urutkan proses terjadinya hujan berdasarkan klarifikasi di atas! Diskusikan bersama kelompokmu! Berilah nomor pada kotak yang telah disediakan!
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada ketika air dipermukaan bumi menguap sebab terkena panas matahari. Uap air akan bermetamorfosis awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air bermetamorfosis titik-titik air yang disebut pengembunan.
Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
  1. Air di permukaan bumi akan menguap sebab terkena panas matahari.
  2. Uap air akan bermetamorfosis awan.
  3. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air bermetamorfosis titik-titik air.
  4. Butiran-butiran air akan jatuh ke bumi.
  5. Air hujan yang jatuh ke bumi akan berkumpul dan kembali menguap.

Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah sobat untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun semenjak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa usang hujan turun?

Lama hujan turun
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit

Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin hingga di sekolah?
30 menit sesudah pukul 06.25 yakni 06.55. Udin hingga di sekolah pukul 06.55.
Selesaikan soal-soal berkaitan dengan waktu!
a. 2 jam sesudah pukul 08.00 yakni pukul (08.00 + 02.00 = 10.00)
b. 4 jam sebelum pukul 06.20 yakni pukul (06.20 - 04.00 = 02.20 )
c. 45 menit sesudah pukul 04.15 yakni pukul (04.15 + 00.45 = 05.00)
d. 3 jam sesudah pukul 01.20 yakni pukul (01.30 + 03.00 = 04.30 )
e. 1 jam sebelum pukul 09.10 yakni pukul 09.10 - 01.00 = 08.10 )
f. 50 menit sesudah pukul 10.40 yakni pukul (10.40 + 00.50 = 10.90 = 11.30)

Ketika demam isu hujan, hampir setiap hari hujan turun. Perhatikan waktu hujan turun dan berhenti! Amati selama tiga hari. Hitunglah usang waktu hujan setiap harinya!
HariAwal Hujan TurunHujan BerhentiLama Hujan Turun
1.Pukul 05.30Pukul 06.4505.30 - 06.00 = 30 menit
06.00 - 06.45 = 45 menit
30 menit + 45 menit = 75 menit
Makara 1 jam 15 menit
2.Pukul 08.15Pukul 09.5508.15 - 09.00 = 45 menit
09.00 - 09.55 = 55 menit
45 menit + 55 menit = 95 menit
Makara 1 jam 35 menit
3.Pukul 12.16Pukul 14.2512.16 - 13.00 = 44 menit
13.00 - 14.00 = 1 jam
14.00 - 14.25 = 25 menit
44 menit + 1 jam + 25 menit = 1 jam 69 menit
Makara 2 jam 9 menit
4.Pukul 16.00Pukul 18.2516.00 - 18.00 = 2 jam
18.00 - 18.25 = 25 menit
Makara 2 jam 25 menit

Tuliskan kegiatan kegiatanmu di sekolah hari ini! Mulai datang di sekolah hingga pulang sekolah. Lengkapilah dengan waktunya!
Mulai
Kegiatan
Selesai
Kegiatan
KegiatanLama Kegiatan
06.1506.30Berangkat ke sekolah06.15 - 06.30 = 15 menit
06.3007.00Membaca buku06.30 - 07.00 = 30 menit
07.0008.45Olah Raga07.00 - 08.00 = 1 jam
08.00 - 08.45 = 45 menit
Makara 1 jam 45 menit
08.4509.00Istirahat08.45 - 09.00 = 15 menit
09.0010.45Belajar di kelas09.00 - 10.00 = 1 jam
10.00 - 10 45 = 45 menit
Makara 1 jam 45 menit
10.4511.00Pulang ke rumah10.45 - 11.00 = 15 menit

Ayo Mengamati
Saat demam isu hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi berair dan licin. Udin berjalan dengan cepat sebab takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang berair dan licin.

Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di akrab Udin ketika itu. Apa yang kau lakukan? Tuliskan pendapatmu!
Menolong Udin untuk bangun dan mengumpulkan bukunya yang berserakan
Diskusikan bersama kelompokmu! Ceritakan pengalamanmu saling menolong yang pernah dilakukan! Dengarkan dongeng temanmu! Ceritakan pula pengalamanmu!

Tuliskan pengalamanmu dan temanmu! Pilihlah satu pengalamanmu yang berkesan! Tuliskan pula pengalaman temanmu yang berkesan!
Nabila suka menolong temanya. Pada suatu hari Nabila mau berangkat ke sekolah tiba-tiba ia melihat temanya jatuh dari sepeda. Nabila resah jika menolong temanya takutnya telat sekolah namun Nabila ingat pesan pak ustad bahwa kita hidup tidak sanggup sendiri sebab kita harus saling tolong menolong.

Nabila alhasil tetapkan untuk menolong temanya yang jatuh dari sepeda. Karena temanya luka sehingga Nabila menuntun temanya ke klinik terdekat dan di klinik ditangani oleh dokter sehingga keadaan membaik dan sudah diobati.

Pengalamanku yang menunjukkan perilaku menolong di sekolah
  1. Menolong sobat membersihkan kelas meskipun bukan kegiatan piket kita.
  2. Menolong sobat dengan meminjamkan catatan sekolah untuk disalin.
  3. Menjelaskan kepada sobat mata pelajaran yang belum ia pahami.
  4. Menolong sobat yang sakit untuk dibawa ke ruang UKS
  5. Menolong ibu guru mengumpulkan dan membagikan kertas ulangan
  6. Saling tolong menolong ketika mengadakan kerja bakti di sekolah
  7. Menolong sobat dengan meminjamkan alat tulis
  8. Menolong sobat dengan membagikan bekal makanan di jam makan apabila ia lupa membawa bekal ke sekolah.
Pengalaman temanku menunjukkan perilaku menolong yang menurutku paling berkesan
Temanku menolong sobat lainnya dengan membagikan bekal makanan di jam makan apabila ia lupa membawa bekal ke sekolah.
Mengapa kita perlu menolong orang lain?
Manusia yakni makhluk sosial yang tidak sanggup hidup tanpa orang lain. Dengan saling tolong menolong tentu kita akan sanggup menjalani semuanya dengan lebih mudah.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud"