Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah

Pakaian merupakan hal yang selalu menempel pada tubuh kita. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi insan selain pangan dan papan. Pakaian merupakan alat epilog tubuh yang akan menawarkan kepantasan, Kenyamanan serta keamanan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebgai menutup tubuh, Pakaian juga mempunyai fungsi lain yang sanggup memperlihatkan lambang status atau identitas seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

Ayo Mengamati
Apa yang kau lihat pada gambar di bawah ini? Bagaimana jikalau kau menghadapi situasi itu Diskusikan dengan teman-temanmu! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
 Pakaian merupakan hal yang selalu menempel pada tubuh kita Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Kita tidak sanggup menghadapi keadaan alam jikalau mereka tidak mempunyai pakaian. Pakaian digunakan insan untuk melindungi tubuhnya dari banyak sekali macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya. Pakaian sanggup melindungi tubuh dari ukiran kulit dengan benda lain, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran dan bubuk serta hal-hal lainnya.

Jika kita hidup tanpa pakaian tentunya akan kurang nyaman. Misalnya saja ketika hujan kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kedinginan. Saat matahari terik jikalau kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kepanasan. Demikian juga ketika malam hari jikalau kita tidak berpakaian tubuh akan kedinginan

Manusia memang berbeda dengan binatang. Manusia tidak mempunyai epilog tubuh ibarat bulu tebal atau kulit tebal. Oleh alasannya itu manusia, dengan kecerdasannya, membuat pakaian untuk melindungi tubuhnya dari sengatan panas dan juga cuaca dingin. Selain itu berpakaian juga sanggup melindungi tubuh kita dari bubuk dan gangguan binatang, khususnya serangga ibarat tungau (kutu busuk) yang sanggup mengakibatkan gatal di kulit.

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!
Bersyukur Memiliki Pakaian
Manusia wajib melindungi tubuhnya. Siti juga selalu melindungi tubuhnya. Ia selalu melindungi tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang rapi. Memiliki pakaian yakni hak setiap orang. Siti menerima pakaian dari orang tuanya. Siti mempunyai banyak sekali pakaian untuk dipakainya sehari-hari. Siti mempunyai pakaian untuk bermain dan untuk tidur. Siti juga mempunyai seragam sekolah. Pakaian Siti selalu higienis dan rapi.

Pakaian membuat Siti merasa nyaman. Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara hambar dan panas matahari. Pakaian juga sanggup menjaga Siti dari gangguan serangga.

Siti bersyukur mempunyai pakaian. Siti menjalankan kewajiban terhadap pakaian dengan baik. Siti selalu mengenakan pakaian dengan hati-hati. Siti menjaga pakaiannya biar tidak cepat kotor dan rusak. Ia mengenakan pakaian sesuai kebutuhan. Siti juga berpakaian sesuai kebiasaan yang berlaku di kawasan tinggalnya. Tidak lupa Siti juga mencuci bajunya bila kotor.

Ayo Menulis
Amati kembali teks di atas!
Tulislah kewajiban dan hak dalam berpakaian
No.KewajibanHak
1.Siti selalu mengenakan pakaian dengan hati hati.Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara hambar dan panas matahari
2.Siti menjaga pakaiannya biar tidak cepat kotor dan rusak.Pakaian membuat Siti merasa nyaman
3.Siti mengenakan pakaian sesuai kebutuhanPakaian juga sanggup menjaga Siti dari gangguan serangga.
4.Siti berpakaian sesuai kebiasaan yang berlaku di kawasan tinggalnya.Siti mempunyai pakaian untuk bermain, untuk tidur dan seragam sekolah
5.Siti mencuci bajunya bila kotor.Pakaian Siti selalu higienis dan rapi
Ayo Bercerita
Kamu sudah mengetahui kewajiban dan hak wacana pakaian. Sekarang ceritakanlah bagaimana pengalamanmu merawat pakaian!
Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pakaian yang mereka peroleh dari orang bau tanah alasannya tidak semua anak sanggup mempunyai pakaian ibarat kita. Pakaian harus dirawat dengan cara dicuci jikalau sudah kotor. Kita juga harus mengenakan pakaian dengan hati-hati. Pakaian harus dijaga biar tidak cepat rusak.

Dengan pakaian yang terawat maka kita akan terlindungi dari hawa dingin. Pakaian juga sanggup melindungi tubuh dari serangga. Pakaian yang higienis membuat tubuh kita nyaman.

Ayo Mencoba
Amati problem berikut ini!
Tuliskan saran-saranmu!

Contoh Kalimat Saran
Edo pulang kehujanan. Baju seragamnya berair kuyup.
Sebaiknya Edo segera pulang dan mandi.
Seharusnya Edo menunggu hingga hujan reda.

1. Udin minta dibelikan baju baru. Di lemari, baju Udin masih banyak dan masih bagus.
Sebaiknya udin tidak minta dibelikan baju gres alasannya Udin masih mempunyai banyak baju yang bagus.
2. Rok Dayu robek alasannya digunakan bermain lompat tali.
Seharusnya Dayu berhati-hati ketika bermain lompat tali alasannya ketika bermain kita juga harus menjaga pakaian kita dengan hati-hati.
3. Beni ingin bermain dengan tetangganya. Ia masih mengenakan seragam sekolah.
Sebaiknya Beni mengganti seragam sekolah dengan pakaian bermain alasannya seragam sekolah digunakan untuk ke sekolah.
4. Pulang sekolah Lani sangat lelah. Ia tidur siang tanpa berganti baju.
Sebaiknya Lani mengganti baju seragam sekolah dengan baju tidur alasannya baju sekolah akan kusut jikalau digunakan untuk tidur.

Ayo Membaca
Istirahat Siang
Siti wajib membantu ibu di rumah. Usai makan siang, Siti mengangkat pakaian dari jemuran. Usai membantu ibu, Siti beristirahat. Beristirahat yakni hak setiap orang.

Ada banyak cara beristirahat. Beristirahat sanggup dengan cara tidur atau bersantai. Dapat juga dengan
cara menyegarkan diri. Tujuannya yakni membuat tubuh tenang.
 Pakaian merupakan hal yang selalu menempel pada tubuh kita Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Siti beristirahat dengan tidur. Tidur siang dapatmenghilangkan rasa lelah. Tidur siang juga menyehatkan badan. Tidur siang sanggup menenangkan pikiran. Dengan tidur siang tubuh akan kembali segar dan bersemangat.

Kalian juga mempunyai hak untuk beristirahat. Sebutkan lima cara beristirahat yang biasa kamu
lakukan!
  1. Memaksimalkan tidur siang.
  2. Duduk santai di teras rumah.
  3. Mendengarkan musik.
  4. Melihat pemandangan di sekitar rumah.
  5. Duduk santai di bawah pohon rindang..

Ayo Berlatih
Setiap anak mempunyai hak beristirahat di rumah. Salah satu cara beristirahat yakni dengan tidur siang. Apa saja kewajibanmu berkaitan dengan tidur siang?

Tuliskan pendapatmu!
Kewajiban yang bekerjasama dengan tidur siang.
  1. Membaca doa sebelum dan setelah tidur siang.
  2. Tidur siang sesuai kebutuhan/tidak berlebihan.
  3. Cuci kaki dan tangan sebelum tidur siang.
  4. Menggunakan pakaian tidur.
  5. Merapikan kembali kawasan tidur.
Setiap orang mempunyai hukum yang wajib diikuti wacana beristirahat siang. Tulislah dongeng wacana kebiasaan beristirahat siangmu dan kewajibannya!

Berilah judul dongeng yang kau tulis!
Tidur Siang Baik Baik Bagi Kesehatan
Tidur siang sangat baik bagi kesehatan alasannya sanggup mengembalikan kesejukan tubuh. Biasanya saya tidur siang setelah pulang sekolah. Sebelum tidur siang saya mencuci kaki dan tangan serta berdoa.  Saat tidur saya juga mengenakan pakaian tidur. Lama waktu tidur siang saya sekitar 90 menit kaena jikalau terlalu usang tidur siang juga kurang baik. Jangan lupa setelah berdiri tidur rapikan kembali kawasan tidur kita.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah"