Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud

Perubahan wujud zat yakni perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini sanggup terjadi alasannya adanya perembesan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi ketika tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya yakni air yang sudah mencapai titik beku akan bermetamorfosis benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan bermetamorfosis gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali yakni sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya anggun dan gampang membuatnya. Sambil menciptakan gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan
  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate

B. Cara Membuat
  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jikalau diperlukan.
  2. Aduk gabungan tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan hingga adonan mengental.
  4. Jika sudah masbodoh dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kau sukai.

Buatlah pertanyaan dari proses pembuatan gulali! Tuliskan jawabannya di kotak yang disediakan!
  1. Mengapa pada pembuatan gulali memakai air matang ? Air matang dipakai pada pembuatan gulali semoga lebih sehat.
  2. Apa perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan gulali? Pada pembuatan gulali terjadi perubahan wujud mencair dan membeku. Mencair terjadi ketika gula dicampur dengan air, sementara membeku terjadi pada ketika adonan gulali didiamkan.
  3. Mengapa air sehabis mendidih jumlahnya berkurang! Air berkurang jumlahnya alasannya menguap ketika mendidih.
  4. Apa tahapan pertama dalam mambuat gulali? Tahap pertama pembuatan gulali adalh mencampurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang.
  5. Apa fungsi tusuk sate pada pembuatan gulali ? Tusuk sate dipakai untuk melilitkan gulali.

Ayo Mengamati
Kamu sudah melaksanakan dan mencermati cara menciptakan gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!
No.PeristiwaPerubahan Wujud yang Terjadi
1.Gula dicampur airMencair
2.Air mendidihMenguap
3.Adonan gulali mengentalMembeku

Ayo Berdiskusi
Kelompokmu telah mempraktikkan menciptakan gulali. Apa yang terjadi jikalau setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan kiprah masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang hingga merauke. Tentunya juga mempunyai budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.

Namun, keberagaman tidak seharusnya menjadikan permasalahan dalam Negara ini. Sebaliknya, keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya sanggup mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama menyerupai semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus sanggup menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita tiba dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan sanggup dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, perilaku bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan kiprah yang bermacam-macam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Penerapan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, perilaku bersatu sanggup dilakukan dengan cara saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya, tidak merendahkan susila istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Tugas kelompok akan berhasil jikalau menunjukkan perilaku bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan rujukan kegiatan yang menunjukkan perilaku bersatu!
Sikap bersatu yakni berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh perilaku bersatu ;
  1. Saling menghargai pendapat dan kiprah yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan susila istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.
Ayo Mengamati
Dalam keluarga, penting untuk mempunyai perilaku bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan perilaku bersatu dalam keluarga.
Perubahan wujud zat yakni perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada  Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Ayo Bercerita
Kamu telah menentukan kegiatan yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan dongeng Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, saya merapikan daerah tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.

Pada sore hari, saya membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong menciptakan pekerjaan menjadi gampang dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling gotong royong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah saya membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah saya juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu saya ketika kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan nrimo membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa besar hati terhadap keluargaku.

Ayo Berlatih
Persatuan akan menciptakan segala sesuatu menjadi gampang dan indah. Bersatu tidak hanya di rumah. Namun, bersatu juga sanggup dilakukan ketika olahraga permainan.

Contoh olahraga permainan yakni sepak bola. Untuk sanggup bermain bola, kalian harus sanggup membawa bola dengan kakimu menuju gawang. Kegiatan ini disebut menggiring bola. Mari berlatih menggiring bola! Sebelum bermain, perlu melaksanakan pemanasan terlebih dahulu.

Estafet Bola
Perubahan wujud zat yakni perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada  Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang siswa.
  2. Setelah diberi instruksi “mulai”, anak pertama menggiring bola ke arah anak ke-2. Anak ke-2 menggiring bola ke arah anak ke-3. Anak ke-3 menggiring bola hingga batas akhir.
  3. Setelah hingga ke batas akhir, anak ke-4 segera menendang bola menuju gawang atau ke titik yang ditentukan.
  4. Siapa yang paling cepat, itulah pemenangnya.

Setelah melaksanakan pemanasan, tentukan cara tercepat untuk menggiring bola! Diskusikan bersama guru dan temanmu! Kamu sanggup menggiring bola dengan banyak sekali cara. Caranya yakni sebagai berikut:
Perubahan wujud zat yakni perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada  Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
  1. Menggiring bola dengan kaki bab luar.
  2. Menggiring bola dengan memakai kaki bab luar.
  3. Menggiring bola dengan memakai punggung kaki dan kaki bab luar.

Cobalah menggiring bola dengan ketiga gerakan tersebut. Gerakan mana yang gampang kau lakukan? Berlatihlah bersama temanmu.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud"