Pembelajaran 4 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda

Ayo Mengamati
Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada penggalan luar gelas? Apa yang menjadikan hal itu terjadi? Tuliskan dan sampaikan pendapatmu!

Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang ada di sekeliling gelas mengandung uap air. Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas hirau taacuh ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di penggalan luar gelas.

Ayo Membaca
Mengembun yakni proses perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Ada dua pola insiden mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es kerikil ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa ketika kemudian, sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air.
 Apa yang terjadi pada penggalan luar gelas Pembelajaran 4 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda
Perhatikan ketika kalian naik kendaraan beroda empat pada ketika cuaca cerah. Kaca jendela kendaraan beroda empat penggalan dalam kering. Ketika hujan turun, beling kendaraan beroda empat penggalan dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua insiden itu sanggup terjadi?

Mungkinkah es yang mencair sanggup menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah? Kamu perlu memahaminya. Bacalah klarifikasi berikut ini!

Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda yang lebih hirau taacuh (suhunya rendah), maka bermetamorfosis bintik-bintik air.

Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air berasal dari uap air di sekitarnya.

Ayo Mencoba
Kamu telah membaca klarifikasi di atas. Adakah kata yang belum kau pahami? Berdiskusilah untuk memahami artinya! Tuliskan jadinya pada tabel berikut!
No.Kosa Kata BaruArti
1.ProsesProses yakni urutan pelaksanaan atau insiden yang saling terkait
2.EmbunEmbun yakni uap air yang mengalami proses pengembunan, yaitu proses berubahnya gas menjadi cair.
3.CuacaCuaca yakni keadaan udara pada ketika tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat.
4.SuhuSuhu yakni suatu besaran yang mengatakan derajat panas benda.
5.UapUap yakni titik-titik dari benda cair (contohnya air) di udara 

Buatlah kalimat dari kosakata tersebut! Pilihlah satu kata saja!
  1. Proses perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.
  2. Pada pagi hari banyak embun melekat di daun-daunan.
  3. Sore hari biasanya cuaca cerah.
  4. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun.
  5. Udara yang ada di sekitar kita mengandung uap air.

Ayo Mengamati
Kamu perlu mengetahui pola lain perihal proses mengembun. Lakukanlah percobaan berikut ini!

A. Alat dan Bahan
  1. Siapkan gelas berisi air panas/ hangat.
  2. Tutuplah gelas tersebut dengan tutup gelas.
  3. Biarkan 1-2 menit.
  4. Bukalah tutup gelas tersebut. Perhatikan apa yang terjadi di permukaan tutup gelas.

Kamu telah mengamati hasilnya. Tuliskan hasil percobaan!
Air panas mengalami penguapan sehingga terbentuk uap air. Uap air melekat di tutup gelas sehingga membentuk titik titik air sebab mengalami proses pengembunan. Pada ketika tutup gelas dibuka ada titik air yang menempel.

Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dan melaksanakan percobaan. Lengkapilah skema berikut ini!
 Apa yang terjadi pada penggalan luar gelas Pembelajaran 4 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda

Ayo Berdiskusi
Siti dan teman-temannya gres saja melaksanakan percobaan di dalam kelas. Percobaan di kelas memakai es kerikil dan air. Ternyata lantai kelas menjadi basah. Siti meminta pemberian petugas kebersihan sekolah untuk mengeringkan lantai kelas. Petugas memakai kain pel dibantu Siti dan teman-temannya.

Apakah di sekolahmu memiliki petugas kebersihan? Apa saja tugas-tugasnya? Lakukan secara berkelompok. Wawancarailah orang-orang yang memiliki kiprah di sekolahmu. Tanyakanlah kiprah dari masing-masing orang tersebut.

Tuliskan jadinya di daerah yang telah disediakan!
No.NamaPeran
1.Guru Kelas.Pengelola pembelajaran di kelas dan menyelenggarakan administrasikan kelas 
2.Kepala SekolahMengatur semua acara yang berlangsung di sekolah.
3.Penjaga Sekolah.Melaksanakan kiprah pengamanan sekolah dan memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah.
4.Petugas PerpustakaanMengurus pelayanan perpustakaan, menciptakan peraturan di perpustakaan, menciptakan perencanaan untuk mengadakan buku.
5.Petugas Kebersihan SekolahMengurus dan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
6.Guru PenjasMengelola pembelajaran pendidikan Jasmani di sekolah

Ayo Mencoba
Bermain sepak bola harus dilaksanakan di lapangan berumput. Permainan sepak bola dimainkan oleh 11 orang. Satu orang pemain berperan sebagai penjaga gawang.

Pada pembelajaran sebelumnya, kau sudah berguru teknik menendang bola. Sekarang, praktikkanlah teknik tersebut!

Kegiatan dimulai dengan melaksanakan permainan “tembaklah aku”. Berbarislah membentuk lingkaran. Dua orang siswa berada di tengah lingkaran. Siswa yang membentuk bulat berlari searah atau berlawanan arah jarum jam. Lakukan sesuai perintah gurumu. Siswa yang berada di tengah berusaha menembak atau menendang bola.
 Apa yang terjadi pada penggalan luar gelas Pembelajaran 4 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda
Tendangan bola diarahkan ke siswa yang berlari. Siswa yang terkena bola pada penggalan lutut ke bawah dianggap kalah dan ganti berjaga di tengah lingkaran. Bola ditendang sehabis mendengar suara peluit dari guru. Gunakan bola plastik untuk permainan ini.

Kamu telah melaksanakan permainan. Sekarang, kau akan berlatih menendang bola.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 4 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda"