Pembelajaran 4 Subtema 2 Wujud Benda
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh insan hampir 2/3 bab merupakan cairan.
Air yaitu benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kau melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Lakukan acara berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.
Mengetahui Sifat Benda Cair
Lakukan secara berkelompok.
A. Alat dan Bahan
B. Langkah-Langkah Percobaan
Kamu telah melaksanakan percobaan. Dapatkah kau menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair memiliki sifat
Ayo Bercerita
Kamu telah melaksanakan percobaan di atas. Percobaan untuk menerangkan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Berlatih
Tubuh manusia, 2/3 bab terdiri atas air. Kekurangan cairan akan menciptakan tubuhmu lemas. Minumlah air putih sesuai dosis sesudah bermain. Seperti habis bermain memantulkan dan menangkap bola.
Permainan diawali dengan melaksanakan pemanasan. Caranya, buatlah dua barisan dan pantulkanlah bola kepada sobat di seberangmu!
Setelah itu, lakukanlah permainan berikut!
Setiap kelompok harus memindahkan bola. Bola dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Caranya dengan memantulkan bola sambil berjalan. Siswa yang paling cepat memindahkan, dialah pemenangnya.
Ayo Berdiskusi
Permainan bola diharapkan kolaborasi antaranggota kelompok. Bentuk kolaborasi misalnya gotong royong.
Bacalah perihal di bawah ini!
Warga kampung daerah Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing.
Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Ibu-ibu dan belum dewasa juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.
Lahan daerah bermain sanggup diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena belum dewasa sanggup bermain di lapangan.
Kamu telah membaca kisah di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menjadikan pekerjaan cepat selesai!
Kamu telah mengetahui acara gotong royong. Tuliskan pola acara tersebut!
Apakah kau pernah mengikuti acara gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kau lakukan!
Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh insan hampir 2/3 bab merupakan cairan.
Air yaitu benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kau melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Lakukan acara berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.
Mengetahui Sifat Benda Cair
Lakukan secara berkelompok.
A. Alat dan Bahan
- Air dan minyak goreng
- Ember
- Gelas
- Kantong plastik
B. Langkah-Langkah Percobaan
- Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
- Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
- Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!
No. | Nama Benda | Bentuknya Berubah Sesuai Tempat | Bentuknya Tetap Walaupun Tempatnya Berubah | Dapat Digenggam | Tidak Dapat Digenggam |
---|---|---|---|---|---|
1. | Air | √ | x | x | √ |
2. | Minyak Goreng | √ | x | x | √ |
3. | Susu | √ | x | x | √ |
4. | Kecap | √ | x | x | √ |
5. | Sirop | √ | x | x | √ |
Kamu telah melaksanakan percobaan. Dapatkah kau menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair memiliki sifat
- Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
- Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
Ayo Bercerita
Kamu telah melaksanakan percobaan di atas. Percobaan untuk menerangkan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu pola benda cair. Air umumnya digunakan untuk minum, acara lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga dipakai para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
Ayo Berlatih
Tubuh manusia, 2/3 bab terdiri atas air. Kekurangan cairan akan menciptakan tubuhmu lemas. Minumlah air putih sesuai dosis sesudah bermain. Seperti habis bermain memantulkan dan menangkap bola.
Permainan diawali dengan melaksanakan pemanasan. Caranya, buatlah dua barisan dan pantulkanlah bola kepada sobat di seberangmu!
Setelah itu, lakukanlah permainan berikut!
Setiap kelompok harus memindahkan bola. Bola dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Caranya dengan memantulkan bola sambil berjalan. Siswa yang paling cepat memindahkan, dialah pemenangnya.
Ayo Berdiskusi
Permainan bola diharapkan kolaborasi antaranggota kelompok. Bentuk kolaborasi misalnya gotong royong.
Bacalah perihal di bawah ini!
Warga kampung daerah Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing.
Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Ibu-ibu dan belum dewasa juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.
Lahan daerah bermain sanggup diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena belum dewasa sanggup bermain di lapangan.
Kamu telah membaca kisah di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menjadikan pekerjaan cepat selesai!
- Pekerjaan cepat selesai alasannya dilaksanakan secara bergotong royong. Gotong royong menciptakan masyarakat saling sebetulnya untuk menolong satu sama lain.
- Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama.
- Kebersamaan yang terjalin dalam tolong-menolong melahirkan persatuan sehingga bisa menghadapi permasalahan yang muncul.
Kamu telah mengetahui acara gotong royong. Tuliskan pola acara tersebut!
Di lingkungan daerah tinggal | Di rumah | Di Sekolah |
---|---|---|
|
|
|
Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 4 Subtema 2 Wujud Benda"
Posting Komentar