Pembelajaran 2 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

Ayo Menulis
Apakah kau masih ingat dengan kiprah mewawancara orang renta pada pertemuan sebelumnya Gunakan info yang sudah kau peroleh untuk menulis dongeng perihal perkembangan dirimu!

Menurut dongeng ibuku saya dilahirkan dengan panjang 49 cm dan berat 2,8 kg. Aku selalu diberi susu oleh ibu sehingga saya tumbuh semakin besar.. Ibu sangat mengasihi saya serta anggota keluarga yang lainnya.

Pada usia 7 bulan saya sudah mulai merangkak. Aku  merangkak maju dengan menggerakkan lengan kanan dan kaki kiri, kemudian lengan kiri dan kaki kanan secara bergantian. Aku terus tumbuh dan  berkembang.

Masih berdasarkan ibuku saya mulai mengucapkan kata pertamanya pada usia 14 bulan. Selanjutnya pada usia 18 bulan saya sudah sanggup mengucapkan beberapa kata. Tak semua bayi kecepatan perkembangannya sama dan setiap anak berguru berbicaranya bervariasi.
 Apakah kau masih ingat dengan kiprah mewawancara orang renta pada pertemuan sebelumnya Guna Pembelajaran 2 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Bagaimana perasaanmu sesudah mendengar info perihal perkembanganmu? Apakah kau juga menerima info kapan kau mulai sanggup merangkak dan berjalan?

Ayo Mencoba
Ayo berlomba laga kecepatan berjalan merangkak dan berlari dengan teman-temanmu!
 Apakah kau masih ingat dengan kiprah mewawancara orang renta pada pertemuan sebelumnya Guna Pembelajaran 2 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Ikuti langkah-langkah acara menyerupai berikut!
  1. Buatlah garis lintasan dan beri goresan pena garis start dan finish terlebih dahulu.
  2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
  3. Setelah diberi arahan oleh gurumu, merangkaklah dari garis start hingga garis finish. Setelah hingga garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
  4. Siswa yang paling cepat hingga di garis start yaitu pemenangnya.

Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga mempunyai kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, contohnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.

Ayo Mengamati
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat tubuh insan berbeda-beda. Kekuatan insan juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat tubuh serta kekuatan yaitu pola pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.

Tuhan membuat banyak sekali macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini yaitu karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Tuliskan perilaku yang akan kau lakukan jikalau melihat beberapa hal menyerupai berikut!
  1. Kamu melihat sahabat yang kesulitan mengambil benda di atas daerah yang tinggi. Sikap yang akan kau lakukan adalah. membantu mengambilkan benda.
  2. Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawabarang bawaan. Sikap yang akan kau lakukan adalah. membantu membawa barang bawaan.
  3. Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kau lakukan yaitu membantu mempelajari gerakan tari.

Ayo Berlatih
Ceritakan pendapatmu mengenai gambar tersebut di depan teman-temanmu!

Sikap saling menghormati antarsesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila. Kemanusiaan yang adil dan beradab Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol sila kedua Pancasila yaitu rantai. Lambang ini mengatakan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilainilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyayangi, dan juga memperlakukan insan lainnya dengan baik.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 2 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia"