Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku
Ayo Membaca
Plastik: Solusi dan Masalah
Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, hingga sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak sanggup menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun gampang dibuat dan ringan. Oleh sebab itu, plastik sanggup dibuat menjadi banyak sekali benda.
Plastik memperlihatkan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga sanggup menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang usang untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.
Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang diharapkan plastik untuk terurai secara alami.
Jadi, kau sanggup membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, sanggup dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Reduce yakni mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.
Reuse yakni memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman dipakai untuk menciptakan pot bunga.
Recycle yakni daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang gres yang sanggup dimanfaatkan lagi. Kamu sanggup membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.
Gunakan plastik dengan bijak semoga bumi selamat!
Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus sanggup mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan acara reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Diskusikan dengan temanmu! Apa yang sanggup dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis kesudahannya pada tabel berikut!
Ayo Mengamati
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan masakan dan minuman? Catatlah hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang ( √) jikalau kau menemukannya!
Ayo Menulis
Kamu telah melaksanakan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolahmu. Ceritakan hasil pengamatanmu secara tertulis. Perhatikan penggunaan abjad besar dan tanda baca yang tepat!
Setelah melaksanakan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolah ternyata masih ada beberapa kepingan dari sekolah yang masih terdapat sampah plastik. Di halaman belakang sekolah, di depan kantin, dan lapangan masih ada sampah plastik. Hal tersebut pertanda kesadaran warga sekolah akan kebersihan masih kurang.
Ayo Berdiskusi
Bermusyawarahlah bersama seluruh sahabat di kelasmu! Musyawarah ihwal cara mengurangi sampah plastik di sekolah. Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di bawah ini!
Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan gampang untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).
Selain itu, penerapan 3R ini juga sanggup dilakukan oleh setiap orang dalam acara sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih sanggup dipakai untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang menimbulkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk gres yang bermanfaat.
Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
Ayo Berlatih
Plastik tidak hanya dipakai untuk menciptakan perlengkapan dapur dan kantong kemasan. Plastik juga dipakai untuk menciptakan bola. Seperti bola pingpong dan bola sepak. Banyak permainan yang menggunakan bola. Contohnya antara lain bola tangan.
Kita akan bermain bola tangan menggunakan bola plastik. Lakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Caranya dengan berlari keliling lapangan. Kemudian, lanjutkan acara mengoper bola sebagai berikut.
Ayo, bermain bola tangan. Bacalah hukum permainannya.
Plastik: Solusi dan Masalah
Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, hingga sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak sanggup menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun gampang dibuat dan ringan. Oleh sebab itu, plastik sanggup dibuat menjadi banyak sekali benda.
Plastik memperlihatkan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga sanggup menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang usang untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.
Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang diharapkan plastik untuk terurai secara alami.
Jadi, kau sanggup membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, sanggup dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Reduce yakni mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.
Reuse yakni memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman dipakai untuk menciptakan pot bunga.
Recycle yakni daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang gres yang sanggup dimanfaatkan lagi. Kamu sanggup membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.
Gunakan plastik dengan bijak semoga bumi selamat!
Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus sanggup mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan acara reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Diskusikan dengan temanmu! Apa yang sanggup dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis kesudahannya pada tabel berikut!
No. | Kegiatan | Tindakan |
---|---|---|
1. | Reduce |
|
2. | Reuse |
|
3. | Recycle |
|
Ayo Mengamati
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan masakan dan minuman? Catatlah hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang ( √) jikalau kau menemukannya!
No. | Lokasi | Sampah Plastik Kemasan Makanan | Sampah Plastik Kemasan Minuman |
---|---|---|---|
1. | Halaman belakang | √ | √ |
2. | Kantin | - | √ |
3. | Lapangan | √ | √ |
4. | Ruang Kelas | - | - |
5. | Perpustakaan | - | - |
6. | Halaman depan | - | √ |
Kamu telah melaksanakan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolahmu. Ceritakan hasil pengamatanmu secara tertulis. Perhatikan penggunaan abjad besar dan tanda baca yang tepat!
Setelah melaksanakan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolah ternyata masih ada beberapa kepingan dari sekolah yang masih terdapat sampah plastik. Di halaman belakang sekolah, di depan kantin, dan lapangan masih ada sampah plastik. Hal tersebut pertanda kesadaran warga sekolah akan kebersihan masih kurang.
Ayo Berdiskusi
Bermusyawarahlah bersama seluruh sahabat di kelasmu! Musyawarah ihwal cara mengurangi sampah plastik di sekolah. Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di bawah ini!
No. | Nama Siswa | Pendapat |
---|---|---|
1. | Udin | Mengisi kembali botol minuman bekas dengan air matang dari rumah jikalau ke sekolah (reuse). |
2. | Budi | Memanfaatkan ulang botol/wadah plastik untuk pot flora atau bentuk pekerjaan tangan yang lain.(reuse) |
3. | Siti | Kemasan botol plastik dipakai lagi sebagai wadah minyak goreng bekas atau daerah sabun cair.(reuse) |
4. | Dayu | Pilih produk dalam kemasan kertas dibandingkan plastik. Kertas sanggup terurai secara alami dibandingkan plastik (reduce) |
5. | Edo | Tidak menggunakan kemasan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa atau membungkus nasi atau masakan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.(reduce) |
6. | Wawan | Tidak membuang sampah plastik di sembarang tempat, melainkan membuangnya ditempat yang telah disediakan bagi sampah plastik. (recycle) |
7. | Santi | Mengumpulkan dan memperlihatkan sampah plastik kepada pemulung, tidak membuang dan membakarnya.(recycle) |
Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan gampang untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).
Selain itu, penerapan 3R ini juga sanggup dilakukan oleh setiap orang dalam acara sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih sanggup dipakai untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang menimbulkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk gres yang bermanfaat.
Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
- Apakah pendapatmu disampaikan di depan kelas?
- Apakah kau memiliki kesempatan untuk memberikan pendapat di depan kelas?
- Apakah hasil musyawarah sesuai pendapatmu?
- Apakah kau akan menjalankan hasil musyawarah di kelas?
- Pentingkah bagi kau memperlihatkan pendapat ketika musyarawah dilakukan? Tuliskan alasanmu!
Ayo Berlatih
Plastik tidak hanya dipakai untuk menciptakan perlengkapan dapur dan kantong kemasan. Plastik juga dipakai untuk menciptakan bola. Seperti bola pingpong dan bola sepak. Banyak permainan yang menggunakan bola. Contohnya antara lain bola tangan.
Kita akan bermain bola tangan menggunakan bola plastik. Lakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Caranya dengan berlari keliling lapangan. Kemudian, lanjutkan acara mengoper bola sebagai berikut.
Ayo, bermain bola tangan. Bacalah hukum permainannya.
- Permainan dimainkan di lapangan.
- Permainan dilakukan oleh dua kelompok.
- Setiap pemain harus memasukkan bola ke gawang lawan.
- Bola harus dioperkan pada sahabat satu tim. Setiap pemain harus mengoperkan bola sehabis melangkah paling banyak lima langkah.
- Kelompok yang sanggup memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang dengan melempar, itulah pemenangnya!
Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku"
Posting Komentar