Pembelajaran 1 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup. Manusia mempunyai ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri insan sebagai makhluk hidup yakni mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan insan terjadi semenjak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan insan bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah pandai balig cukup akal pertumbuhan insan berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran insan terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin berikut ini! Apa kau sanggup menemukan perubahan yang dialami Udin menurut gambar tersebut?
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Perubahan yang dialami Udin semenjak bayi hingga dikala ini yakni tinggi dan berat tubuh udin bertambah.
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Perubahan yang dialami Udin semenjak bayi hingga dikala ini yakni ketika bayi udin kesulitan memegang botol susu, namun kini udin sudah ahli memakai sendok dan garpu dikala makan.

Proses pertumbuhan dan perkembangan tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lain. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, jikalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan dikala ini.

Pertumbuhan yakni proses pertambahan ukuran yang tidak sanggup kembali ke asal. Contohnya bayi yang gres lahir ukurannya + 45 cm dengan berat tubuh + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi tubuh sanggup mencapai lebih dari 150 cm dan berat tubuh lebih dari 30 kg.

Perkembangan yakni proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada insan perkembangan juga menjadikan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa. Kalau diperhatikan dikala bayi kita kesulitan memegang botol susu, namun sesudah pandai balig cukup akal bukan hanya memegang botol susu memegang sendok dan garpu pun sanggup dilakukan dengan mudah.

Ayo Menulis
Apakah kau mengalami pertumbuhan dan perkembangan ibarat Udin?
Cobalah mencari tahu dari orang tuamu ihwal pertumbuhan dan perkembanganmu dari semenjak lahir hingga dikala ini. Informasi yang sanggup kau tanyakan ihwal pertumbuhan dan perkembangan contohnya berat dan tinggi tubuh dikala lahir. Selain itu kau juga sanggup mencari gosip mengenai kemampuanmu dalam merangkak dan berjalan.
  1. Berapa berat badanku dikala lahir?
  2. Berapa tinggi panjang badanku dikala beru lahir?
  3. Pada usia berapa bulan saya mulai bisa merangkak?
  4. Pada usia berapa tahun saya mulai bisa berjalan?
  5. Pada usia berapa saya mulai sanggup berbicara?

Lakukan acara wawancara kepada orang bau tanah di rumah untuk mendapat gosip tersebut! Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kau tanyakan.

Manusia sebagai makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Bertambah berat serta tinggi tubuh merupakan salah satu referensi pertumbuhan.

Kekuatan tangan insan juga mengalami perkembangan. Contohnya ibarat yang terlihat pada gambar. Edo dikala masih kecil kesulitan untuk memegang botol susu. Akan tetapi, sesudah tubuh Edo bertambah besar dan besar lengan berkuasa Edo dengan gampang sanggup memegang daerah minum yang lebih berat dari botol susu.

Kekuatan tangan sanggup dilatih melalui acara olahraga dan menari. Kuat dan lemah dari gerakan tangan dipakai dalam menari. Coba lakukan gerakan besar lengan berkuasa dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini!
1. Lakukan gerakan besar lengan berkuasa ibarat orang yang sedang mendorong meja.
2. Lakukan gerakan lemah ibarat orang memegang kapas.

Dapatkah kau mencicipi perbedaan dari kedua gerakan tersebut?

Ayo Menari
Mari mencoba aneka macam referensi gerakan besar lengan berkuasa dan lemah tangan pada dikala menari.
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
  1. Gerakan pertama Gerakan pertama yakni mengangkat tangan kanan, kemudian tangan kiri. Angkat tangan dengan besar lengan berkuasa ibarat sedang mengangkat beban.
  2. Gerakan kedua Gerakan kedua yakni turunkan kedua tangan secara perlahan. Kedua tangan diturunkan sambil menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujan turun.
  3. Gerakan ketiga. Gerakan ketiga yakni rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu, bengkokkan sehingga membentuk abjad “U”.
  4. Gerakan keempat. Gerakan keempat yakni gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.
  5. Gerakan kelima. Gerakan kelima yakni mengacungkan tangan ke depan dengan kuat. Lalu, membalikkan kedua telapak tangan dengan arah yang berbeda.
  6. Gerakan keenam. Gerakan keenam yakni bertepuk tangan. Tepuk tangan sanggup divariasikan dari gerakan yang lemah hingga kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.

Lakukan acara tersebut secara berulang. Ikuti acara sesuai kode guru atau temanmu dalam sebuah permainan! Berdasarkan pengalamanmu berlatih menari, dapatkah kau mengatakan gerakan mana saja yang termasuk gerakan besar lengan berkuasa dan lemah dari tangan?

Ayo Berlatih
Badan kita mengalami pertumbuhan. Kemampuan kita pun mengalami perkembangan. Pada dikala kelas satu, kalian gres mencar ilmu nama dan lambang bilangan hingga bilangan puluhan. Lalu, menjelma bilangan ratusan dan ribuan bahkan puluh ribuan. Kalian juga sudah mencar ilmu penjumlahan dan pengurangan.

Mari kita coba pelajari penjumlahan bilangan ribuan memakai teknik menyimpan untuk meningkatkan pemahaman.

Contoh penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
2.653 + 3.302 = ...
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Jadi, 2.653 + 3.302 = 5.955
Contoh penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Angka 2 pada bilangan 1.200 ada pada daerah ratusan dan bernilai 200.
Angka 9 pada bilangan 2.900 ada pada daerah ratusan dan bernilai 900.
Kaprikornus 200 + 900 = 1.100
1 ribuan pada bilangan 1.100 berpindah daerah ke daerah ribuan sehingga ditulis angka satu pada gambar di atas.

Cobalah menuntaskan soal penjumlahan berikut ini!
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup Pembelajaran 1 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Proses pertumbuhan dan perkembangan tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lain. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, jikalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan dikala ini. Pertumbuhan yakni proses pertambahan ukuran yang tidak sanggup kembali ke asal. Contohnya bayi yang gres lahir ukurannya + 45 cm dengan berat tubuh + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi tubuh sanggup mencapai lebih dari 150 cm dan berat tubuh lebih dari 30 kg. Perkembangan yakni proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada insan perkembangan juga menjadikan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 1 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia"