Pembelajaran 2 Subtema 3 Mengasihi Tumbuhan

Ayo Mengamati
Keluarga Dayu sedang bercakap-cakap di teras rumah. Mereka bercerita wacana kegiatan yang dilakukan hari itu. Tiba-tiba Dayu teringat bila ia belum melaksanakan tugasnya. Tugas Dayu setiap hari yaitu menyiram tumbuhan di halaman rumah.

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban dan hak masing-masing. Hak dan kewajibannya tergantung dari kiprahnya di dalam keluarga. Di dalam keluarga ada ayah, ibu, dan anak.

Kewajiban ayah melindungi anggota keluarga dan mencari nafkah. Kewajiban ibu merawat anakanak dan mengurus rumah tangga. Kewajiban anak yaitu menghormati orang renta dan mencar ilmu dengan tekun. Kewajiban anak juga termasuk tugas-tugas yang harus dilakukannya di rumah. Contohnya kewajiban Dayu, yaitu menyiram tanaman.

Ayo Bercerita
Ceritakanlah pengalamanmu wacana perbedaan kiprah anggota keluargamu!
Budi berangkat ke sekolah pukul 06.15 bersama adik dan teman-temanya. Sebelum berangkat ke sekolah Budi berpamitan dengan ayah dan ibunya. Budi pulang sekolah pukul 12.30, hingga di rumah Budi berganti baju, mencuci tangan kemudian makan siang.

Sementara ibu  biasnya berdiri paling awal dari semua anggota keluarga yang ada. Ibu menyiapkan sarapan pagi dan semua kebutuhan anggota keluarga. Pada pagi hari ibu memang sangat sibuk dengan aktivitasnya..

Ayah memang bertugas mencari nafkah untuk keluarga. Meski begitu saat pagi hari ayah juga membantu beberapa pekerjaan Ibu. Setelah membantu ibu biasanya Ayah akan pergi bekerja. Biasanya ayah pulang pada sore hari. Sehingga pada sore hari semua anggota keluarga sanggup berkumpul kembali.

Ayo Membaca
Membuat dan Merawat Tanaman Gantung

Siti dan Lani sedang mengamati tanam-tanaman di sekolah
Lani:“Siti, ayo kita menciptakan pot gantung! Tanamtanaman ini tampaknya butuh daerah baru.”
Siti:“Setuju, Lani. Kasihan tanam-tanaman itu. Potnya sudah tidak cukup.”
Lani:“Tanam-tanaman itu sanggup terganggu pertumbuhannya.”
Siti:“Mari kita segera buat pot gantung itu. Apa saja yang dibutuhkan?”
Lani:“Botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.”
Siti:“Lalu, bagaimana cara membuatnya?”
Lani:“Yang pertama, kita potong bab bawah botol. Kemudian, rekatkan pita perekat ke sekeliling bab yang dipotong.“
Siti:“Baik. Setelah itu?”
Lani:“Buat 4 lubang di bab berperekat. Masukkan tumbuhan ke dalam botol pelanpelan. Rapikan dan sebar akar tumbuhan ke seluruh bab botol. Kemudian, masukkan tanah hingga tiga perempat isi botol.”
Siti:“Sejauh ini tidak sulit. Lanjutkan, Lani.”
Lani:“Masukkan tali plastik ke dalam lubang. Gantung memakai paku di dinding. Tutup bab yang terbuka dengan kayu pipih.”
Siti:“Mari kita ajak teman-teman yang lain untuk membuatnya!”

Setelah membaca percakapan di atas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
  1. Di mana Lani dan Siti bercakap-cakap? Lani dan Siti bercakap-cakap di halaman sekolah.
  2. Mengapa Lani dan Siti merasa perlu menciptakan pot gantung? Lani dan Siti merasa perlu menciptakan pot gantung alasannya tanaman-tanaman itu butuh daerah baru.
  3. Apa yang diharapkan untuk menciptakan sebuah pot gantung? Alat dan Bahan yang diharapkan untuk menciptakan pot gantung antara lain :  botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.
  4. Apakah yang pertama kali harus dilakukan untuk menciptakan pot gantung? Hal yang pertama kali dilakukan untuk menciptakan pot gantung adalah  yaitu memotong bab bawah botol, kemudian merekatkan pita perekat ke sekeliling bab yang dipotong.
  5. Apa yang dipakai untuk menutup bab atas pot gantung? Untuk menutup pot gantung bab atas memakai kayu pipih.
 Mereka bercerita wacana kegiatan yang dilakukan hari itu Pembelajaran 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
Ayo Menulis
Jika kau berperan sebagai Siti yang mewawancarai Lani, tulislah hasil wawancara Siti wacana perawatan tumbuhan gantung!

Laporan Hasil Wawancara :
Tanaman membutuhkan daerah gres semoga pertumbuhannya tidak terganggu. Untuk itulah kita perlu menciptakan pot gantung. Alat dan materi menciptakan pot gantung antara lain sebagai berikut: botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.

Sedangkan langkah-langkah menciptakan pot gantung antara lain sebagai berikut :
  1. Pertama, kita potong bab bawah botol. Kemudian, rekatkan pita perekat ke sekeliling bab yang dipotong.
  2. Kedua, buatlah 4 lubang di bab berperekat. Masukkan tumbuhan ke dalam botol pelan-pelan. Rapikan dan sebar akar tumbuhan ke seluruh bab botol. Kemudian, masukkan tanah hingga tiga perempat isi botol.
  3. Ketiga, masukkan tali plastik ke dalam lubang. Gantung memakai paku di dinding. Tutup bab yang terbuka dengan kayu pipih
Ayo Mencoba
Melakukan kegiatan memutar tubuh dan menekuk tubuh dalam permainan
 Mereka bercerita wacana kegiatan yang dilakukan hari itu Pembelajaran 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
Contoh gerakan-gerakan memutar dan menekuk.
  1. Gerakan memutar kepala
  2. Gerakan memutar lengan
  3. Gerakan memutar pinggang
  4. Gerakan memutar tumit
  5. Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakannya di depan dada, kemudian lakukan hal yang sama pada kaki kiri
  6. Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakkannya di belakang, kemudian lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

Rangkaian kombinasi gerak memutar dan menekuk antara lain sebagai berikut :
  1. Memutar kepala ke kanan 4 hitungan
  2. Memutar kepala ke kiri 4 hitungan
  3. Memutar lengan ke depan 4 hitungan
  4. Memutar lengan ke belakang 4 hitungan
  5. Menekuk lutut kanan ke belakang 4 hitungan
  6. Menekuk lutut kiri ke belakang 4 hitungan

Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan tubuh disebut gerak nonlokomotor. Gerak nonlokomotor yaitu gerak di tempat.

Tidak ada komentar untuk "Pembelajaran 2 Subtema 3 Mengasihi Tumbuhan"