Kombinasi Gerak Dalam Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis permainan yang bisa membuat kemeriahan. Permainan ini sering diperlombakan di tempat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Melalui kegiatan ini, semangat nasionalismemu akan tumbuh.

Dalam permainan bola voli, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerak ini sanggup dikombinasikan dalam permainan bola voli. Sebagai langkah awal pembahasan materi kombinasi gerak dasar dalam permainan bola voli,

Gerak dasar dipakai insan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam melaksanakan aktifitas olahraga. Dalam olahraga sepak bola, terdapat ketiga unsur gerak dasar tersebut, yakni.
  1. Gerak lokomotor. Gerak lokomotor ialah gerakan yang dilakukan dan ditandai dengan adanya perpindahan tempat dari satu tempat ke tempan yang lain. Dalam permainan bola voli, gerak lokomotor sangat diharapkan untuk sanggup menunjang pergerakan setiap pemain di lapangan. Contoh dari gerak lokomotor pada olahraga bola voli ialah berjalan, berlari mengejar bola, dan melompat melaksanakan smash.
  2. Gerak non lokomotor. Gerak non lokomotor ialah gerakan yang dilakukan dan ditandai tanpa adanya perpindahan tempat atau minim terjadinya perpindahan tempat. Gerak non lokomotor biasa dipakai untuk melaksanakan pemanasan atau pendinginan dalam banyak sekali macam olahraga. Contoh dari gerak non lokomotor pada olahraga bola voli ialah mengayunkan tangan, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan dan menekuk kaki.
  3. Gerak manipulatif.. Gerak manipulatif ialah gerakan yang dilakukan dengan memerlukan sebuah alat bantu. Dalam permainan bola voli, gerakan mainpulatif lebih banyak dipakai oleh para pemain. Contoh dari gerak manipulatif pada olahraga bola voli ialah melempar bola, memukul bola, dan memblok bola, memantulkan bola, dan mendorong bola.

Bola voli merupakan permainan beregu yang mengutamakan kolaborasi tim. Setiap pemain bola voli dituntut mempunyai keterampilan dan menguasai gerak dasar permainan bola voli. Salah satu gerak dasar yang harus dikuasai pemain bola voli ialah mengoper bola (passing).

1. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah
Gerak passing sanggup dilakukan tanpa berpindah tempat. Gerak passing tanpa berpindah tempat dilakukan dengan mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak passing juga sanggup dilakukan dengan berpindah tempat.

Gerakan passing bawah merupakan bentuk pukulan bola memakai lengan bawah untuk memantulkan bola. Passing bawah dilakukan dengan tujuan supaya bola melambung dan memudahkan sahabat mendapatkan atau memukul bola kembali

Pada passing bawah, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan termasuk teladan gerak nonlokomotor. Memantulkan bola memakai lengan termasuk teladan gerak manipulatif.

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Atas
Passing atas merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk menawarkan bola voli kepada sahabat satu timnya dengan memakai teknik tertentu untuk merancang taktik penyerangan.

Saat melaksanakan passing atas, kau sanggup mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak nonlokomotor ditunjukkan dengan menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas. Gerak ini dilakukan tanpa berpindah tempat. Adapun gerak manipulatif dilakukan dengan mendorong bola ke atas depan.

3. Mempraktikkan Gerak Dasar Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing
Passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli mengombinasikan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerakan passing juga memerlukan konsentrasi dan koordinasi.
Permainan bola voli merupakan salah satu jenis permainan yang bisa membuat kemeriahan Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Voli

a. Passing Bawah
Pada passing bawah, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan merupakan teladan gerak nonlokomotor. Memantulkan bola memakai lengan merupakan teladan gerak manipulatif. Passing bawah sanggup dilakukan dengan cara berikut.
  1. Carilah pasangan untuk melaksanakan acara ini. Setiap pasangan saling berhadapan sejauh 3 meter.
  2. Lambungkan bola ke arah pasanganmu. Pasangan memantulkan bola dengan cara mengayunkan lengan bawah untuk diarahkan kepada temanmu. Bola yang dimainkan dihentikan terjatuh menyentuh tanah.
  3. Setiap pasangan tidak diperkenankan berpindah tempat. Aktivitas passing bawah ini dilakukan selama + 5 menit.
  4. Amati gerakan temanmu, kemudian bandingkan dengan gerakanmu. Kemukakan perbandingan gerakanmu kepada gurumu.

b. Passing Atas
Pada passing atas, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan merupakan teladan gerak nonlokomotor. Memantulkan bola memakai lengan merupakan teladan gerak manipulatif.  Passing atas dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Siswa mencari pasangan untuk melaksanakan passing atas. Setiap pasangan saling berhadapan sejauh 3 meter.
  2. Siswa melambungkan bola atas ke arah pasangan dengan memakai jari-jari dan telapak tangan di atas kepala. Pasangan memantulkan bola ke atas dengan mendorong kedua lengan atas. Bola diarahkan kepada pasangannya. Bola yang dimainkan dihentikan menyentuh tanah.
  3. Setiap pasangan tidak diperbolehkan berpindah tempat. Aktivitas passing atas ini dilakukan selama + 5 menit.
  4. Amati gerakan temanmu kemudian bandingkan dengan gerakanmu. Kemukakan perbandingan gerakanmu kepada gurumu.

Beberapa gerakan lain dalam Permainan Bola Voli antara lain sebagai berikut

Smash.
Smash ialah gerakan memukul bola di atas net dengantujuan untuk menghasilkan poin. Dalam permainan bola voli, teknik smash dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai smasher. Smash atau pukulan keras merupakan bentuk sebuah serangan yang paling banyak dipakai dalam upaya untuk mendapatkan poin dalam suatu tim. Seorang smasher sudah seharusnya menguasai teknik ini dengan baik, alasannya ialah teknik ini inilah yang sangat efektif untuk mematikan bola di lapangan lawan.

Servis.
Servis ialah pukulan yang diakukan sebagai tanda untuk memulai permainan. Teknik servis dilakukan di awal pertandingan dan ketika terjadi penambahan poin bagi setiap tim. Servis merupakan serangan pertama yang dilakukan kepada pemain lawan.

Servis dilakukan dengan cara pemain bangkit pada garis belakang lapangan dengan melempar bola di udara. Bola kemudian dipukul melewati net ke arah bidang permainan lawan. Pemain harus berusaha mengarahkan bola ke pemain yang terlihat lemah supaya tidak sanggup diterima dengan baik. Dengan situasi tersebut, tim yang melaksanakan pukulan servis sanggup memperoleh poin tambahan.

Block.
Teknik block ialah gerakan yang dilakukan untuk membendung serangan lawan. Teknik block dilakukan oleh pemain yang berposisi akrab dengan net, yakni smasher dan tosser.

Block merupakan benteng utama untuk menangkis serangan bola yang tiba dari arah lawan, keberhasilan block ini ditentukan oleh ketinggian ketika melompat dan jangkauan tangan pada bola yang dipukul oleh lawan .

Tidak ada komentar untuk "Kombinasi Gerak Dalam Permainan Bola Voli"