Proses Mendesain Poster Dengan Tangan

Poster yakni salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memperlihatkan gosip kepada masyarakat. Umunya poster dipasang di tempat-tempat yang ramai dan strategis menyerupai sekolah, pasar, kantor, mall, puskesmas, dan lain-lain. Sifat gosip yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak.

Poster berfungsi untuk memberi pemanis pemahaman perihal suatu gosip kepada banyak orang atau para pembaca perihal apa yang ingin di sampaikan oleh pembuat poster melalui gambar dan kalimat yang singkat dan jelas. Poster juga dipakai sebagai media publikasi supaya masyarakat sanggup membacanya dan melaksanakan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Poster dibentuk tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, contohnya untuk tujuan komersial, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan biar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Ayo, kita mengenal poster sebagai bab dari reklame.

Ayo Mengamati
Amati poster berikut
Poster yakni salah satu media publikasi yang terdiri atas goresan pena Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok
1. Bagaimana pendapatmu perihal poster tersebut? Jelaskan!
Poster tersebut di atas menyajikan gosip mengenai Pameran Batik dan Pameran Gerabah. Poster tersebut  dapat memikat para pembaca dan gosip yang disampaikan pun sanggup dicerna lebih baik.
2. Apa saja keterampilan yang diharapkan untuk menciptakan poster?
Keterampilan yang dibutuhkan dalam menciptakan poster yakni kemampuan menciptakan desain dan penggunaan kalimat yang efektif.
3. Bisakah kau menduga langkah-langkah cara menciptakan poster tersebut? Jelaskan.
Memilih kertas dan ukurannya, menciptakan garis, menciptakan sketsa, memberi warna.

Ayo Berkreasi

Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah 1
Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak
indah dan menarik.

Langkah 2
Pilih kertas polos sesuai keinginan. Ketika kau merancang poster dengan tangan, kau sanggup memilih ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3
Buatlah 3 garis tipis. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bab ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis gosip perihal hal-hal yang kau ingin supaya orang lain mengetahuinya, contohnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, menyerupai “Kunjungilah ekspo kami!”
Poster yakni salah satu media publikasi yang terdiri atas goresan pena Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah 4
Buatlah judul. Buatlah judul pada bab atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis.
Kamu sanggup menyesuaikan besar aksara dengan ukuran kertas.

Langkah 5
Buatlah catatan kaki. Gambar dan buat goresan pena secara tipis pada bab bawah kertas.

Langkah 6
Isi bab tengah. Isi bab tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster ekspo seni, kau akan menciptakan gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya
gerabah. Kamu sanggup menciptakan satu atau beberapa gambar. Buatlah skema dengan tipis.

Langkah 7
Warnailah Postermu. Sekarang, sehabis poster yang kau rancang tanggapan dan kau yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan memakai spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8
Lakukan Eksperimen Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sekarang, saatnya kau merancang poster dengan memakai tangan. Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut menurut langkahlangkah di atas.

Tidak ada komentar untuk "Proses Mendesain Poster Dengan Tangan"