Laporan Percobaan Benda Magnetis Dan Nonmagnetis

Magnet yaitu salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan insan ketika ini, sebab sifatnya yang bisa menarik logam sehingga sanggup dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet sanggup di gunakan dalam menciptakan motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya.

Tidak semua benda sanggup ditarik oleh magnet, benda yang sanggup ditarik oleh magnet disebut benda magnetis dan yang tidak sanggup di tarik disebut dengan nonmagnetis. Kebanyakan benda magnetis yaitu logam, namun tidak semua logam sanggup di tarik oleh magnet. Saat logan ditarik oleh magnet, maka logam tersebut akan dipertahankan oleh magnet semoga terus melekat padanya.

Benda magnetis yaitu benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet atau logam yang sanggup berinteraksi dengan magnet. Bahan – materi magnetis mempunyai kekuatan melekat yang berbeda – beda. Kebanyakan materi ini yaitu logam.

Benda nonmagnetis yaitu benda yang sebagian besar mengandung materi yang tidak sanggup ditarik oleh magnet. Bahan nonmagnetis tidak sanggup ditarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berafiliasi dengan magnet. Kebanyakan materi ini yaitu materi nonlogam, misalnya yaitu plastik. Perhatikan benda-benda di bawah ini.
Magnet yaitu salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan insan ketika ini Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Amati gambar di atas.
Apakah kau bisa memprediksi yang akan terjadi jikalau benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.
No.Nama BendaPrediksi
DitarikTidak Ditarik
1Pensil-
2Peniti-
3Penghapus-
4Paku-
5Penjepit Kertas-
6Sisir-
7.Gunting-
8Batu-
9Kayu-
10Daun-
11Karet Gelang-
12Kaca-

Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Tujuan Percobaan :Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis
Alat dan bahan :- Magnet
- Pensil
- Peniti
- Karet gelang
- Paku
- Penjepit kertas
- Sisir
- Gunting
- Batu
- kayu
- Daun
- Kertas
- Kaca
Langkah-langkah :
  1. Ambil magnet
  2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
  3. Amati apa yang terjadi
  4. Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil Percobaan:
  1. Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan beling tidak bisa ditarik oleh magnet.
  2. Peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting sanggup ditarik oleh magnet.
Kesimpulan:
    Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan beling termasuk benda nonmagnetis sebab tidak bisa ditarik oleh magnet, sedangkan peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting termasuk benda magnetis sebab sanggup ditarik oleh magnet.

      Tidak ada komentar untuk "Laporan Percobaan Benda Magnetis Dan Nonmagnetis"